Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Kampanyekan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, Wagub Emil Uji Coba Kesiapan Infrastruktur

Wagub Emil Dardak ikut serta dalam uji coba mobil listrik milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Senin (25/1/2021).

SURABAYA (global-news.co.id)– Memasuki era kendaraan listrik, Pemerintah semakin gencar kampanyekan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di dalam negeri.

Mendukung hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berkenan ikut serta dalam uji coba mobil listrik milik PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Senin (25/1/2021).

Rute berawal dari Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan menuju PLN ULP Embong Wungu di Jalan Dr Soetomo untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik sekaligus meninjau kesiapan SPKLU. Turut serta dalam uji coba ini Direktur SDM & Administrasi PT PJB Karyawan Aji dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Nyoman S. Astawa.
“Mengendarai mobil listrik ini terasa nyaman, tidak berbeda dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Informasi dan literatur pun banyak yang menyebutkan bahwa untuk penggunaan di dalam kota, kendaraan ini sangat efisien juga ramah lingkungan. Untuk kesiapan charging stationnya sendiri saya acungi jempol, tinggal bagaimana ketersediaannya ini dapat terus bertambah sehingga mudah ditemui,” ungkap Emil saat transit di SPKLU PLN Embong Wungu.

Ia sangat mengapresiasi upaya PLN untuk mendukung era kendaraan listrik melalui penyediaan SPKLU yang terus digenjot.

Emil pun berharap kesiapan infrastruktur yang baik ini ditunjang oleh adanya keterampilan dalam pemeliharaan kendaraan listrik. “Besar harapan kami agar PLN ikut membantu bersama-sama stakeholder terkait untuk penyiapan SDM dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memiliki kompetensi dan keterampilan dalam pemeliharaan kendaraan listrik ke depannya,” pungkas Emil.

Menjawab tantangan tersebut, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Nyoman S Astawa menyatakan siap untuk mendukung tantangan tersebut, mengingat Jawa Timur dikenal memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan tingginya potensi electric vehicle untuk semakin dikembangkan dan dimanfaatkan secara massif.

Komitmen penuh PLN dalam program ini ditunjukkan dengan penyediaan pasokan listrik dan berbagai infrastruktur kelistrikan pendukung KLBB di Indonesia melalui SPKLU. Saat ini telah tersedia 16 unit Charging Station SPKLU milik PLN yang tersebar di Pulau Jawa & Pulau Bali. Di Surabaya, SPKLU PLN Embong Wungu memiliki kapasitas energi sebesar 25 KW dan 2 (dua) type nozzle.

Ke depannya PLN merencanakan pembangunan infrastruktur SPKLU lain khususnya di Jawa Timur. Diharapkan pada 2025 mendatang, setidaknya 2.400 SPKLU di seluruh Indonesia telah siap digunakan.
“Saat ini, PT PJB sedang membangun SPKLU dan memasuki tahapan finishing. SPKLU ini terletak di kantor PT Pembangkitan Jawa-Bali, Jalan Ketintang Baru No 11, Surabaya.  SPKLU ini menjadi dukungan kami terhadap electrifying lifestyle yang mulai menjadi tren saat ini. Harapannya, akan banyak lagi SPKLU yang dengan mudah kita temui di jalan-jalan” terang Karyawan Aji. tis

baca juga :

Covid-19 di Jatim Mulai Turun, Harus Tetap Waspada

Redaksi Global News

Piala Dunia U-17: Tak Khawatir, Arkhan Kaka Nilai VAR Sangat Membantu

Redaksi Global News

Okupansi RS Penuh, Pemprov Jatim Siapkan RS Darurat Malang Raya

Redaksi Global News