Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Embargo Berakhir, Arab Saudi Pulihkan Sepenuhnya Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan

RIYADH (global-news.co.id) –  Arab Saudi telah memulihkan sepenuhnya hubungan diplomatik dengan Qatar. Langkah serupa juga diambil oleh Uni Emirat Arab, Bahrain dan juga Mesir pada Selasa, 5 Januari.

Pada 2017, Arab Saudi dan tiga sekutunya menerapkan embargo terhadap Qatar atas tuduhan mendukung terorisme.

“Apa yang terjadi hari ini adalah membuka lembaran baru dalam semua poin-poin perbedaan. Semua hubungan diplomatik telah pulih,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari laman Eurasia Review,  Rabu (6/1/2021).

Konferensi pers digelar di akhir Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di  Kota al-Ula, Arab Saudi. Pemimpin dari enam negara GCC telah menandatangani dua dokumen, Deklarasi al-Ula, dan satu komunike.

Pangeran Faisal mengatakan, Deklarasi al-Ula menekankan pentingnya memerangi beberapa entitas yang mengancam keamanan negara-negara Teluk. “KTT ini mengirimkan pesan kepada seluruh dunia bahwa sebesar apapun perseteruan di wilayah sendiri, kebijaksaan mampu mengatasi semuanya,” kata Pangeran Faisal.

Komunike dalam KTT GCC ke-41 menyerukan penguatan kerjasama dalam memerangi entitas teroris, serta menekankan persatuan negara-negara GCC. “Pernyataan (dalam komunikne) menekankan solidaritas negara-negara Teluk mengenai segala bentuk intervensi langsung maupun tidak langsung dalam urusan dalam negeri. Semua anggota (GCC) sepakat tidak boleh ada pelanggaran terhadap kedaulatan negara manapun,” sebut Pangeran Faisal.

Sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman telah bertemu Emir Qatar Sheikh Tamim di sela-sela KTT GCC. Amerika Serikat menyambut baik pemulihan hubungan Arab Saudi dan Qatar. AS juga mengapresiasi hasil-hasil dari KTT GCC ke-41, yang disebutnya sebagai “langkah positif dalam memulihkan kesatuan Teluk dan Arab.”  zis, erw, med

baca juga :

Pemprov Jatim Gelontor Sembako untuk Dapur Umum di Malang Raya

Redaksi Global News

Informasi Nama-nama Pejabat Pemkot Jadi Tim Sukses Salah Satu Paslon Itu Hoaks

Redaksi Global News

Ciptakan Permainan Happy Patch, Tim Psikologi Unair Raih Juara 2 Desain Intervensi Nasional

Redaksi Global News