Global-News.co.id
Indeks Kesehatan Utama

Data Kelompok Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 Diperbarui

Data penerima vaksin Covid-19 tahap pertama saat ini masih diperbarui. 

JAKARTA (global-news.co.id) – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan bersiap melakukan vaksinasi Covid-19. Data penerima vaksin tahap pertama diperbarui. “Kita sedang update data,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (2/1/2021).

Kementerian Kesehatan telah mengirimkan pesan serentak kepada seluruh penerima vaksin Covid-19 yang terdaftar pada tahap pertama, Kamis (31/12/2020). Pesan tersebut sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang ditetapkan oleh Menteri Gunadi Sadikin pada 28 Desember 2020.

Adapun sasaran penerima SMS, adalah mereka yang namanya telah terdaftar dalam Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.
“Sasaran dari SMS blast ini adalah masyarakat kelompok prioritas penerima vaksin covid-19,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan menerapkan prinsip kehati-hatian. Proses vaksinasi diharapkan mulai dilaksanakan setelah dikeluarkannya Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kelompok prioritas penerima vaksin adalah 1,319 juta tenaga kesehatan serta penunjang pada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, petugas tracing kasus covid-19 dan juga 195 ribu petugas pelayan publik esensial sebagai garda. Mereka terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP, petugas pelayan publik transportasi (petugas bandara, pelabuhan, KA, MRT.)

Penerima vaksin juga mencangkum tokoh masyarakat dan tokoh agama di seluruh Indonesia. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 14 hari.

Namun demikian, pemerintah memberikan pengecualian bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin covid-19 sesuai dengan indikasi vaksin covid-19 yang tersedia. dja, min

baca juga :

Jajaran TNI Datangi Mako Polresta Sidoarjo Beri Kejutan Hari Bhayangkara ke-77

Hari Kesehatan Sedunia 2021, Hilangkan Ketidakadilan Kesehatan

Titis Global News

Pamekasan Tuan Rumah Peringatan Haornas ke-36 Jatim, Badrut Tamam : Kami Siap Jadi Lokasi Even Olah Raga Jatim

gas