Global-News.co.id
Indeks Madura Utama

Pilkada Sumenep, Pasangan Fauzi-Eva Unggul Sementara atas Fattah Jasin

Calon Bupati Sumenep nomor urut 1 Ahmad Fauzi menyalurkan hak pilihnya, Rabu (9/12/2020).

SUMENEP (global-news.co.id)  – Pasangan calon Bupati Sumenep nomor urut 1 Ahmad Fauzi dan wakilnya Dewi Khalifah sementara unggul 51,1 persen berdasarkan hasil penghitungan Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara (SIRekap) Komisi Pemilihan Umum setempat, sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH Ali Fikri 48,9 persen.

“Ini hanya sementara, dan tidak menutup kemungkinan keunggulan perolehan suara akan berubah,” kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi di Sumenep, Rabu (9/12/2020) malam.

Berdasarkan data SIRekap hingga pukul 18.44, total data pemilih yang masuk dalam sistem informasi yang mengacu kepada hasil peroleh suara di tempat pemungutan suara (TPS) itu, keunggulan pasangan Fauzi-Eva baru pada 63 TPS, dari 2.500 TPS yang tersebar di 27 kecamatan se-Kabupaten Sumenep.

Fauzi-Eva sementara unggul di Kecamatan Kota Sumenep, Kalinget, Manding, dan Kecamatan Talango, Pragaan, Manding, dan Kecamatan Ambunten. Sedangkan pasangan calon bupati Fattah Jasin-KH Ali Fikri unggul di Kecamatan Pasongsongan, Gayam (kepulauan), Nonggunong dan Kecamatan Raas, Keulauan Sumenep.

Sementara itu, tim pemenangan pasangan calon (paslon) 1 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah, Rabu malam telah menggelar siaran pers dan mengklaim menang atas lawan politiknya Fattah Jasin-KH Ali Fikri, berdasarkan hasil hitung cepat tim internal tim. Tim Fauzi-Eva mengklaim meraih dukungan 51,69 persen suara, sedangkan Fattah Jasin-KH Ali Fikri 48,31 persen.

Namun tim pemenangan Fattah Jasin-KH Ali Fikri menyatakan, siaran pers tim Fauzi-Eva itu hanya sebatas klaim, karena pihaknya juga mengantongi data berbeda, yakni justru pasangan Fattah-KH Ali Fikri yang unggul dengan perolehan 53,44 persen, dan 46,56 persen untuk Fauzi-Eva.

Pilkada di Kabupaten Sumenep diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan calon dengan nomor urut 1 Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah dan pasangan calon nomor urut 2 Fattah Jasin-KH Ali Fikri. Pasangan Calon Bupati Sumenep Ahmad Fauzi-Dwi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan Pasangan calon Fattah Jasin dan Wakilnya KH Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai NasDem. Partai Hanura, dan Golkar sebagai partai pendukung. Sebanyak 18.642 petugas penyelenggara pemilu yang terdiri dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 17.500 orang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) 1.002 orang, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 135 orang, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 5 orang dilibatkan pada pesta demokrasi lima tahunan ini, dengan personel keamanan sebanyak 1.200 orang. mas, ara

baca juga :

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Mulai Digunakan

Titis Global News

Masih Observasi, Kondisi Gelandang Persebaya Dayat Tak Parah

Australia Open 2023: Kalah Game 1, Jonatan Tekuk Momota

Redaksi Global News