Pilkada Malang, Paslon Petahana Unggul

Paslon Bupati Malang, Sanusi dan Didik Gatot Subroto unggul berdasarkan hasil hitung cepat Sirekap KPU.

SURABAYA  (global-news.co.id) – Pasangan Calon Bupati Malang no urut 1, Sanusi dan Didik Gatot Subroto (Sandi) unggul sementara berdasarkan hasil hitung cepat Sirekap KPU.  Paslon petahana yang diusung oleh enam partai pendukung, yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, PPP, Gerindra, Demokrat, dan Golkar ini memperoleh 3.100 suara (45,9%).

Posisi kedua adalah paslon nomor urut dua, Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono dengan perolehan suara 2.845 suara (42,1%). Keduanya diusung oleh dua partai pendukung, PKB, Hanura. Sedangkan paslon nomor urut tiga Heri Cahyono – Gunadi  Handoko (Malang Jejeg) yang merupakan pasangan dari jalur perseorangan memperoleh 816 suara (12,1%).

Perolehan suara ini merupakan hasil hitung cepat sementara yang dilakukan melalui Sirekap KPU pada Rabu (9/12/2020) pukul 17.00. Artinya perolehan suara ini masih dapat berubah sewaktu-waktu karena hingga saat ini baru ada kurang lebih 6.761 suara yang masuk dari 29 TPS atau 0,58% dari total 4.999 TPS di Kabupaten Malang.

Menanggapi hasil sementara tersebut tim Malang Jejeg berbesar hati.  Ketua Tim Kerja Malang Jejeg, Soetopo Dewangga menyatakan, hasil hitung cepat yang beredar tidak jauh beda dengan hasil hitung ala Malang Jejeg. “Kami mengakui hasil hitung cepat saat ini. Hasilnya sama dengan hitung cepat internal kami dan kami mengakui kami belum menang,” ungkap Topo, Rabu (9/12/2020).

Topo menyadari kekalahan Heri Cahyono dan Gunadi Handoko dalam Pilkada Malang 2020 ini bukan akhir segalanya. “Tetap semangat jangan bersedih. Malang Jejeg tidak kemana-mana kami tetap ada. Tujuan awal gerakan Malang Jejeg akan jadi organisasi gerakan moral,” ujarnya.ari