NU Tuban Siapkan 1.500 Pasukan Bantu Amankan Pilkada

Ribuan peserta dari Banom NU saat mengikuti Apel Siaga Pilkada.

 

TUBAN (global-news.co.id) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban bersama Badan Otonom (Banom) menggelar Apel Siaga Pilkada Aman dan Damai, di kantor PCNU setempat, Rabu (2/12/2020). Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 1.500 peserta dari berbagai Banom, di antaranya Pagar Nusa, GP Ansor, Banser, Gasmi, PMII, Sarbumusi dan pengurus harian PCNU Tuban.

Wakil Rais Syuriah PCNU Tuban, KH Syariful Wafa dalam keterangannya kepada awak media menyampaikan, Apel Siaga ini mempunyai dua hal kepentingan, antara lain menjaga identitas Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah, kemudian bela negara, yang artinya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karena ini menjelang Pilkada, jadi NU punya kewajiban untuk ikut mengawal suksesnya Pilkada Tuban. Karena, itu merupakan bagian dari bela negara,” tandasnya.

Usai giat tersebut, agenda selanjutnya Gus Wafa menegaskan, seluruh elemen NU diserukan untuk mengawal proses Pilkada hingga tahapan Pilkada selesai. “Kita tidak ingin kecolongan sedikit pun sampai tuntas, kita akan membantu tugas TNI dan Polri agar menjalankan tugasnya dengan baik,” terangnya.

Jika ada yang ingin mengusik Pilkada ini, Gus Wafa dengan tegas menganggap bahwa itu adalah musuh negara. “Kalau musuh negara, maka NU pasti akan bela negara,” timpalnya.

Gus Wafa juga menegaskan, sikap politik jam’iyyah NU adalah politik keumatan, politik kemaslahatan, politik menjaga negara agar utuh tidak diacak-acak oleh siapapun. “Saya kira semua Paslon baik, punya keinginan baik. Adapun kecenderungan kepada Paslon 1, 2 atau 3 itu hak masing-masing yang dilindungi negara,” pungkas kyai muda itu. hud