Karena 19 Detik, Gisel Terancam 12 Tahun Penjara

Akibat perbuatannya, Gisella Anastasia, terancam hukuman maksimal 12 tahun.

JAKARTA (global-news.co.id) – Teka-teki video syur 19 detik yang diduga dibintangi penyanyi Gisella Anastasia akhirnya terkuak. Ibu satu anak telah mengakui pemeran wanita dalam video yang viral itu adalah dirinya. Begitu pun pemeran pria Michael Yukinobu de Fretes.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pihaknya telah menetapkan penyanyi Gisel dan pria berinisal MYD sebagai tersangka atas kasus video syur. Keduanya dijerat dengan Pasal 4 Ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 8 Undang Undang Nomor 44 tentang Pornografi. “(Terancam hukuman penjara) paling rendah enam bulan, paling tinggi 12 tahun penjara,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (29/12/2020).

Yang mengejutkan, video tersebut direkam di Medan pada 2017 kala perempuan asal Surabaya ini masih menjadi istri sah Gading Marten.  “Dan Saudari GA mengakui dan juga Saudara MYD mengakui bahwa yang ada di video yang beredar di media sosial itu adalah dirinya sendiri. Dan itu terjadi sekitar tahun 2017 yang lalu di salah satu hotel di Medan,” ujar Yusri.

Mengenai motif di balik perbuatan tersebut, Yusri menambahkan, video syur itu sengaja dibuat untuk kepentingan pribadi.  Meski diperuntukkan buat kepentingan pribadi, perbuatan Gisel dan Nobu tetap dianggap melanggar hukum. Pasalnya, video tersebut sudah menyebar dan menjadi konsumsi publik.

“Tapi kan yang terjadi unsur pasalnya adalah sampai ke publik kan, itulah yang buat jadi tersangka,” sambungnya.

Mengenai hubungan antara Gisel dan Nobu, Yusri belum bisa menyampaikan lebih lanjut. Pihaknya bakal memeriksa mereka lagi sebagai tersangka.  “Kita akan memanggil kembali Saudari GA dan Saudara MYD untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” kata Yusri.

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan oleh video syur yang diduga mirip penyanyi Gisel. Video berdurasi 19 detik itu tersebar melalui media sosial dan membuat nama perempuan yang dikenal lewat ajang pencarian bakat pada 2008 ini menjadi trending topic. Gisel pun pada saat itu telah angkat bicara mengenai video tersebut dan mengaku bingung untuk mengklarifikasinya. Pasalnya, ini bukan kali pertama sang pelantun Cara Melupakanmu ini dikaitkan dengan hal serupa.

Efek dari tersebarnya video ini justru berbuntut panjang, lantaran banyak netizen yang menyebarkannya. Sampai saat ini, polisi juga telah menetapkan dua tersangka atas kasus dugaan penyebar video syur mirip Gisel secara masif.ret