Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Hasil Quick Count, Istri Bupati Banyuwangi Unggul

Pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah, menang dalam Pilkada Banyuwangi , Rabu (9/12/2020), hasil quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

BANYUWANGI  (global-news.co.id) – Pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah, menang dalam Pilkada Banyuwangi , Rabu (9/12/2020), hasil quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

“Selamat kepada Ipuk-Sugirah, pemimpin baru Banyuwangi . Selamat bagi masyarakat Banyuwangi memiliki bupati dan wakil bupati baru,” kata, Imam Fauzi Surahmat selaku Peneliti LSI dan Coordinator Area Jawa Timur-Bali dalam konferensi pers, yang digelar di Hotel Kookon, Rabu (9/12/2020).

Berdasarkan data quick count final yang dikeluarkan LSI dengan data sampel yang masuk mencapai 100%, Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy meraih 46,98% suara, sementara Ipuk Fiestiandani-Sugirah 53,02% suara, selisih 6,04%, dengan margin error plus minus 1 %. Tingkat partisipasi pemilih (voter’s turn out) sebanyak 63,99%.

Imam mengatakan, dengan selisih lebih dari 1%, hampir dipastikan data yang dirilis LSI tidak akan banyak mengubah dari hasil akhir penghitungan suara KPU Banyuwangi nantinya. “Bisa kita sampaikan ini sangat bisa dipertanggungjawabkan baik secara kredibilitas dan metode ilmiah penelitian. Sehingga kecil kemungkinan hasil ini mengubah dari hasil yang nantinya akan dirilis KPU,” kata Imam.

Berdasarkan jejak rekam LSI sejak 2004, hasil quick count yang diperoleh sangat bisa dipertanggungjawabkan dan tidak banyak berbeda dengan hasil akhir. Seperti hasil dalam Pemilihan Presiden 2019 lalu. Hasil final quick count final LSI Denny JA pada Pilres 2019 sebagai berikut: Jokowi-Ma’ruf: 55,71% dan Prabowo-Sandi: 44,29%.

Sementara perolehan akhir resmi dari KPU, jumlah perolehan suara Jokowi-Ma’ruf mencapai 55,50% suara. Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 44,50%suara. Selisih suara hasil quick count dan hasil KPU hanya sekitar 0,21%.

Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan kepala daerah yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Hasil quick count ini merupakan hasil sementara.

Hingga saat ini, data terbaru masih masuk ke lembaga survei yang mengadakan quick count. Data quick count bukan hasil resmi Pilkada Banyuwangi 2020. Hasil resmi pemilu menunggu penghitungan suara secara manual dari KPU. tyo, ins

baca juga :

Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Idul Adha 1438 H

Redaksi Global News

Tahun 2022, Pemprov Jatim Komitmen Transaksi Belanja Produk Dalam Negeri Rp 2,293 Triliun

Redaksi Global News

Presiden Jokowi Pimpin Pelepasan Jenazah Buya Syafii Maarif ke Pemakaman