Ciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif, Polres Magetan Gelar FGD

FGD yang melibatkan elemen-eleman yang ada di masyarakat di Gedung Pesat Gatra Mapolres Magetan, Kamis, (10/12/2020).

MAGETAN (global-news.co.id) – Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang perayaan Natal Tahun 2020 dan pergantian Tahun Baru 2021 di Kabupaten Magetan, Polres Magetan mengelar Fokus Grup Diskusi (FGD) yang melibatkan elemen-eleman yang ada di masyarakat di Gedung Pesat Gatra Mapolres Magetan, Kamis, (10/12/2020)

Dalam kegiatan Fokus Grup Diskusi unsur yang terlibat antar lain Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Satpol PP, Kokam, Banser, PHRI, Senkom, Dinas Kesehatan, Bamag Magetan, BPBD, Tagana, Faroki, PMI, Pengelola tempat wisata, Nitizen, , Tagana, Faroki, PMI,  TNI Polri, Pengelola tempat wisata, Saka Bhayangkara dan awak media.

Ketua Panitia AKP Sunarta yang juga Kasat Binmas Polres Magetan mengatakan menjelang perayaan Natal Tahun 2020 dan pergantian Tahun Baru 2021 pihaknya meminta kepada semua pihak untuk ikut membantu mengupayakan dan menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Magetan yang kondusif agar saudara kita bisa merayakan Natal dengan khidmat dan lancar. “Mari bersama-sama menjaga dan menciptakan suasana Natal dan Tahun Baru yang aman dan kondusif,” katanya.

Sementara Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana SIK dalam sambutannya menyampaikan semua komponen masyarakat di Kabupaten Magetan saling bekerjasama menciptakan suasana yang aman dalam menghadapi perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Diingatkan Kapolres, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Untuk ukuran Kabupaten Magetan jumlah pasien yang terinfeksi virus Covid-19 sangat tinggi. “Karena itu kami minta masyarakat jangan sampai lengah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan melaksanakan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak di mana pun berada,” katanya.

Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Magetan Pdt Yusak Umar menyampaikan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Magetan yang belum aman, untuk perayaan Natal 2020 ini pihaknya telah menyediakan petugas penerima tamu yang melakukan pengawasan umat dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu juga mensterilisasi gereja, menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan mempersingkat durasi ibadah tanpa mengurangi ke khidmatan makna ibadah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan yang diwakili Kabid Pengelolaan Pariwisata Teguh ST mengatakan untuk tahun ini ojek wisata Telaga Sarangan tetap dibuka tapi tidak diperbolehkan mengelar panggung hiburan. Pengelola telah menyiapkan lahan parkir yang cukup untuk menampung membeludaknya pengunjung yang menggunakan bus atau mobil pribadi. “Telaga Sarangan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung yang mau masuk objek wisata tepatnya di loket pembelian tiket,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan yang diwakilkan Kabid Lalu Lintas Drs Kuntoro menyampaikan Dinas Perhubungan akan mengupayakan pengendalian arus lalu lintas dengan  melakukan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan dalam rangka perayaan Natal Tahun 2020 dan Pergantian Tahun Baru 2020.

Dinas Perhubungan, lanjut Kuntoro, akan melaksanakan upaya-upaya penanganan darurat saat terjadi masalah lalu lintas khusus nya jika terjadi kerusakan perlengkapan  jalan yang bersifat elektronik maupun non elektronik. “Bagi masyarakat yang mengalami masalah lalu lintas di jalan bisa menghubungi (0351) 866815 atau (WA) 081234201982, ” katanya.  ary