Wagub Emil Ajak Bank Jatim Dorong Sektor Pariwisata di Jatim

Wagub Jatim Emil Dardak saat menghadiri  Undian Hadiah Simpeda Tahun 2020 di Villa Solong, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (7/11/2020) malam. 

BANYUWANGI (global-news.co.id) — Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak Bank Jatim untuk mendorong sektor pariwisata di Jatim. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi di Jatim saat pandemi berlangsung.
Ajakan tersebut disampaikannya saat Undian Hadiah Simpeda Tahun 2020 di Villa Solong, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (7/11/2020) malam.
Menurutnya, sektor pariwisata menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian di Jatim. Bahkan pariwisata itu juga berdampak bagi pekerja di dalamnya, petani yang produk hortikulturanya diserap, serta segenap lulusan SMK yang banyak berada di sektor ini.
“Mari bersama-sama mendorong pariwisata. Sebab pariwisata menjadi bagian penting dari sektor perekonomian. Jatim sendiri memiliki posisi ekonomi yang strategis, ekonomi tertinggi kedua di Indonesia,” ajak Mantan Bupati Trenggalek.
Pada kesempatan yang sama, Emil Dardak panggilan akrab Wagub Jatim mengapresiasi Bank Jatim yang telah melakukan sinergi dengan Bupati Banyuwangi untuk membuat event ini. Sehingga melalui kegiatan ini bisa mendorong kembali pariwisata.
“Kita masih bisa berkegiatan dengan protokol kesehatan. Ayo pergi ke Banyuwangi, di sini telah diterapkan protokol kesehatan,” jelasnya.
Sebagaimana diketahui, jelasnya, Banyuwangi merupakan salah satu pilar pariwisata Jatim dan Indonesia. Banyuwangi telah melakukan berbagai langkah menetapkan sebagai salah satu daerah yang paling awal berkomitmen menjadi pariwisata sebagai upaya penanggulangan dan pengentasan kemiskinan.
Ia pun menilai bahwa upaya Bank Jatim yang mempunyai komitmen, keyakinan, kesetiaan untuk mendorong ekonomi masyarakat Jatim. Di saat bank lain mengalami penyusutan, Bank Jatim secara portofolio mengalami pertumbuhan. Artinya komitmen Bank Jatim membiayai di tengah pandemi Covid-19 agar roda perekonomian di Jatim terus berjalan.
“Dengan prinsipnya dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat Jatim. Itu yang menjadi semangat Bank Jatim,” pungkasnya.
Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Pemkab Banyuwangi sering bersinergi dengan perbankan termasuk Bank Jatim khususnya di sektor UMKM dan pertanian. Sinergi ini untuk menjawab keinginan publik seperti pembukaan lapangan pekerjaan, serta penguatan sektor pertanian dan perikanan.
“Dari hal ini kita akan terus berkolaborasi dengan perbankan khususnya Bank Jatim terutama untuk mensupport UMKM dan pertanian. Mudah-mudahan Bank Jatim ke depannya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru terutama berangkat dari UMKM,” imbuhnya.
PT Bank Jatim menggelar undian Hadiah Simpeda Tahun 2020 dengan total hadiah Rp. 6,65 miliar. Dari total hadiah tersebut, terdapat hadiah Grand Prize Rp 500 juta, hadiah pertama Rp 100 juta, hadiah kedua Rp 50 juta.
Undian kali ini diikuti Cabang Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Kraksaan, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. cty, tri