Tersisa 3 Balapan, 6 Kandidat Juara

Joan Mir, pebalap Suzuki, berpeluang juara MotoGP 2020.

VALENCIA (global-news.co.id)-MotoGP 2020 tersisa 3 putaran lagi. Persaingan memperebutkan gelar juara dunia musim ini masih terbuka bagi 6 pebalap.

Merujuk pada jadwal MotoGP 2020, tinggal tiga seri yang tersisa di bulan November. Persaingan di papan klasemen MotoGP pun masih sengit.

Yang pertama adalah MotoGP Eropa 2020 di Circuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 8 November mendatang. Race berikutnya hadir di sirkuit yang sama sepekan kemudian, dengan tajuk MotoGP Valencia 2020.

MotoGP 2020 kemudian akan mementaskan balapan terakhirnya pada 22 November. Ada MotoGP Portugal 2020 di Autodromo Internacional do Algarve, Portimao.

Balapan ke-12 musim ini akan berlangsung di Circuit Ricardo Tormo, Valencia. Sajian utamanya akan berlangsung, Minggu (8/11/2020) pada pukul 20.00 WIB yang akan ditayangkan secara langsung oleh Trans7.

Setelah MotoGP Valencia, balapan akan digeber MotoGP Aragon, dan MotoGP Portugal yang masih akan dimainkan di sisa MotoGP 2020.

Hingga saat ini klasemen MotoGP dikuasai rider Suzuki, Joan Mir, yang menempati peringkat teratas. Dia mengumpulkan sebanyak 137 angka.

Rins sudah mengantongi keunggulan sebanyak 14 angka dari rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Empat rider lain yang juga sudah menembus tiga digit poin ada Maverick Vinales (118), Franco Morbidelli (112), Andrea Dovizioso (109), dan Alex Rins (105) poin.

Masih ada 75 poin maksimal yang bisa digapai oleh para rider di sisa MotoGP 2020.

Takaaki Nakagami (92) dan Pol Espargaro (90) bahkan juga masih mempunyai peluang untuk menjadi juara dunia kendati sangat tipis.

Dengan segala kejutan di musim ini, Mir jelas tak bisa bersantai dengan keunggulan poin atas Quartararo.

Quartararo menurun setelah memenangi MotoGP Catalunya, hingga akhirnya harus rela menyerahkan posisi teratas Klasemen MotoGP ke Mir.

Dalam tiga balapan terakhir, Quartararo cuma bisa mengumpulkan 15 poin. Sementara itu, Mir tampil konsisten dengan meraup 37 poin.

Setelah balapan MotoGP Eropa akhir pekan ini, Circuit Ricardo Tormo akan menggelar lagi balapan MotoGP Valencia pada 15 November. Race di Autodromo Internacional do Algarve yang akan menjadi penutup MotoGP 2020.

Persaingan MotoGP 2020 memang sudah mengerucut ke sejumlah nama. Tapi kuatnya nuansa kejutan dan drama yang hadir musim ini membuat klimaks persaingan masih tetap menghadirkan tanda tanya.dtc