Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Terbaik Nasional, Gubernur Khofifah Apresiasi TKSK Jawa Timur

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jawa Timur (Jatim) menjadi TKSK terbaik tingkat nasional.

SURABAYA (global-news.co.id) – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jawa Timur (Jatim) menjadi TKSK terbaik tingkat nasional. Predikat itu didapat setelah meraih juara pertama dalam lomba pilar-pilar kesejahteraan sosial tahun 2020.
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara pada acara puncak malam penganugerahan penghargaan Padma Mitra Award di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, 17 November 2020.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih TKSK Jatim. Menurut Khofifah, penghargaan ini membuktikan dedikasi dan totalitas para TKSK di Jatim.
“Penghargaan ini adalah wujud pengakuan dari pemerintah pusat terhadap pilar-pilar sosial yang ada di Jatim terutama TKSK. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap capaian prestasi ini,” kata Khofifah, Kamis (19/11/2020). Khofifah juga mengapresiasi peran pilar-pilar sosial selama masa pandemi Covid-19. Mantan menteri Sosialini menjelaskan bahwa pilar-pilar sosial itu terdiri dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Program Keluarga harapan (PKH), Tagana dan Pendamping Lansia yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terdampak Covid-19. “Saya berharap agar pilar sosial terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan Covid-19 dengan menerapkan disiplin pola hidup sehat,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi mengungkapkan kinerja TKSK sangat luar biasa. Sebab, mereka masuk ke setiap problema-problema sosial yang ada di masyarakat. Alwi melanjutkan, total di Jatim ada 666 TKSK atau satu kecamatan, satu TKSK. “TKSK mempunyai peran menjadi ujung tombak pemerintah dalam menekan kemiskinan dan memperkecil disparitas,” katanya.
Untuk diketahui, kegiatan Padmamitra Award dan penghargaan pilar-pilar kesejahteraan sosial ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak 16 hingga 18 November 2020. Acara ini diikuti oleh pilar-pilar sosial terbaik se Indonesia yang terdiri dari beberapa pilar yang diundang. Diantaranya, TKSK, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) atau Orsos.
Adapun penilaian ini dilakukan oleh tim dewan juri dari Kementerian Sosial RI sejak April hingga Juli 2020, sementara yang dinilai berupa keaktifan pilar-pilar sosial seluruh Indonesia dalam penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.
TKSK Jatim yang berada di 38 Kabupaten Kota se Jawa Timur sudah sangat aktif. Bahkan saat diawal kasus Covid melanda Indonesia, TKSK sudah mulai bekerja seperti sosialisasi, penyemprotan, dan pembagian masker selama pandemi Covid-19.
Dari laporan-laporan itu, terpilihlah TKSK Jatim sebagai pilar-pilar kesejahteraan sosial terbaik dari seluruh TKSK se Indonesia. Adapun TKSK yang menjadi juara II Sumatera Selatan, juara III Aceh, juara IV Jawa Tengah, dan juara V Bangka Belitung. tri

baca juga :

Penjualan Sepeda Meningkat Empat Kali Lipat, Sayang Banyak Impor

Redaksi Global News

Masyarakat Bisa Pantau Langsung Progres Pembangunan di Sidoarjo Lewat Aplikasi E-Kenda

gas

Pemkot Sebut Ketersediaan Beras di Surabaya Aman

Redaksi Global News