Sean Connery, Pemeran Bond Pertama Tutup Usia

Sean Connery, pemeran pertama James Bond 007.

SURABAYA (global-news.co.id) – Sang “Bond” senior itu akhirnya harus menyerah. Bukan melawan musuh-musuh masa lalunya, melainkan melawan takdir.  Ya, Sean Connery, pemeran agen rahasia Inggris, James Bond 007, itu tutup usia pada Sabtu (31/10/2020). Dia meninggal dunia dalam tidurnya di Bahamas Kepulauan Karibia di usia 90 tahun.

Scotland Herald menyebut, pada Agustus lalu,  aktor yang berasal dari Skotlandia tersebut baru saja merayakan ulang tahun ke-90. Dia kemudian dikabarkan terbaring sakit selama beberapa waktu sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sean Connery merupakan aktor pertama pemeran James Bond, jagoan fiksi rekaan penulis asal Inggris, Ian Flemming. Peran Bond ini kemudian bergantian dimainkan aktor Inggris lainnya, seperti Roger Moore, Daniel Craig, Pierce Brosnan, dan Timothy Dalton.

Di antara 25 judul film James Bond yang dibuat EON-Production sejak 1962 hingga 2020, Connery tampil membintangi 6 judul.  Di antaranya Dr No (1962), From Russia with Love (1963), Goldfinger (1964), dan Diamonds are Forever (1971) yang merupakan film Bond terakhir yang diperaninya.

Pada 1983, Sean Connery kembali beraksi sebagai Agen 007 lewat Never Say Never Again. Ini merupakan satu-satunya film James Bond yang bukan merupakan rilis resmi dari EON-Production, melainkan dari Warner Bros.

Pria kelahiran Fountainbridge, sebuah daerah di Ibu Kota Edinburgh, Skotlandia ini merintis karirnya sebagai penjual susu lokal. Ia kemudian sempat menjadi model dan atlet binaraga amatir.

Sean Connery pertama kali mendapatkan kesempatan berakting pada 1956. Saat itu, ia mendapat peran sebagai petarung dalam Requiem for a Heavyweight. Namanya semakin dikenal setelah memerani sosok James Bond.

Selama lima dekade berkarier di dunia peran, kemampuan beraktingnya membuahkan sejumlah penghargaan. Connery pernah membawa pulang  Oscar, dua penghargaan Bafta, dan tiga Golden Globes.  Namun semuanya bukan berkat perannya sebagai  agen spion 007 yang melegenda.

Piala Oscar diraihnya pada 1988 ketika dia dinobatkan sebagai aktor pendukung terbaik dalam film The Untouchables. Selain Sean Connery, film besutan sutradara Brian De Palma ini juga dibintangi Robert de Niro, Kevin Costner, dan Andy Garcia.

Setelah sukses meraih Oscar, Connery lantas berturut-turut bermain dalam beberapa film, di antaranya yang paling utama adalah dalam Indiana Jones and the Last Crusade (1989), The Hunt for Red October (1990), The Russia House (1990), The Rock (1996), dan Entrapment (1999).

Di beberapa tahun terakhir, penampilan Connery di berbagai film diwarnai dengan beberapa penghargaan box office. Di antaranya First Knight (1995), The Avengers (1998), dan The League of Extraordinary Gentlemen (2003).

Selama berkarier ia juga kemudian mendapatkan beberapa penilaian positif, salah satunya adalah dalam Finding Forrester (2000) yang mengantarkannya mendapatkan Crystal Globe untuk kontribusi luasnya kepada perfilman dunia.

Connery juga mendapatkan gelar kehormatan sebagai Ksatria Inggris Raya dari Ratu Elizabeth II pada Juli 2000.ret