Sambut Hari Pahlawan, KOSTI Ngontel Bareng ke Makam Bung Tomo dan WR Supratman

Peserta KOSTI Surabaya kumpul di depan DPRD Surabaya sebelum berangkat ngontel ke makam Bung Tomo dan WR Supratman, Senin (9/11/2020) malam.

SURABAYA (global-news.co.id) – Beragam cara diperingati komunitas ataupun organisasi dalam menyambut peringatan hari besar nasional. Salah satunya‎ adalah Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Surabaya.
Menyambut Hari Pahlawan 10 November, komunitas ini memilih ngontel alias bersepeda dari depan DPRD Surabaya ke makam Bung Tomo di Jalan Bung Tomo, Makam Umum Ngagel Surabaya. Juga ke makam WR Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya di Jalan Kenjeran Surabaya. Seluruh peserta juga mengenakan baju dan atribut pahlawan.
Sekretaris KOSTI Surabaya Nur Rahman mengatakan kegiatan ngontel bareng ini untuk mengenang jasa-jasa pahlawan.
“Ada makam Bung Tomo, WR Supratman di Surabaya. Kami ingin berziarah, mendoakan arwah para pahlawan kita,” katanya, Senin (9/11/2020) malam.
Dia menjelaskan kegiatan ini diikuti 150 lebih peserta alias ontelis yang nantinya akan menempuh jarak sekitar 20 km. Mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh dan dilakukan malam hari, sejumlah peserta rutin mengadakan latihan setiap akhir pekan sebelumnya. Apalagi banyak peserta yang bergabung dalam kegiatan ini usianya sudah sepuh.
Hari Pahlawan merupakan sebagai salah satu peristiwa penting dalam sejarah negara Republik Indonesia. Karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan, yang dikenal juga sebagai pertempuran Surabaya.
Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959. tis

Persiapan peserta KOSTI Surabaya sebelum ngontel bareng.