Raih Medali Emas KSN 2020, SMAN 1 Gelar Kirap Prestasi

Moh. Arif memberi hadiah pada Gamma Peraih Medali Emas KSN 2020

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun  ke- 79, SMAN 1 Pamekasan Senin (9/11/2020) menggelar Kirap Prestasi. Sejumlah siswa berprestasi dari SMAN favorit di kota Pamekasan dikirap dengan mobil terbuka berkeliling di seluruh jalan protokol di Kota Pamekasan.

Kirap ini diikuti oleh siswa lainnya, guru dan segenap civitas akademika sekolah tersebut. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tahun 2020 ini, siswa SMAN 1 Pamekasan meraih banyak prestasi baik tingkat daerah, regional hingga tingkat nasional. Yang paling bergengsi adalah keberhasilan Gamma Admi El Zam-Zami Latief, meraih medali emas bidang studi geografi pada Kompetisi Sain Nasional (KSN).

Keberhasilan ini mempertahankan tradisi SMAN 1 Pamekasan sebagai sekolah langganan peraih medali dalam KSN.

Kepala SMAN 1 Pamekasan Drs Moh Arif MPd mengatakan kirab prestasi ini dilaksanakan untuk mengapresiasi atas keberhasilan anak didiknya khususnya Gamma. Dia selain memperoleh medali emas di bidang Geografi, juga memperoleh prestasi nilai terbaik dari seluruh bidang lomba yang dilombakan dan nilai terbaik untuk praktikumnya.

“Selain itu kami mengadakan tasyakuran. Kegiatan seperti ini memang sudah ditunggu oleh sekolah kita setelah beberapa tahun facum dari prestasi. Sekarang kita membuktikan di bidang yang lain, bukan hanya fisika seperti selama ini, sekarang ini justru kita di bidang geografi, artinya eksistensi budaya prestasi di SMAN 1 sudah dibuktikan dengan bidang yang lain juga,” ungkapnya.

Arif mengaku pada kegiatan ini juga mengundang Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Pamekasan, para pengawas sekolah, komite sekolah dan dari orang tua siswa yang berprestasi. Ini dilakukan agar prestasi tingkat nasioal ini bisa juga diraih untuk tingkat internasional, karena Gamma nanti akan menghadapai event di tingkat internasional.

‘’Sebagai bentuk motivasi kepada nanda Gamma supaya dia nanti lebih bersemangat lagi dan insya Allah karena nilai yang diperoleh Gamma ini adalah tiga kategori terbaik insya Allah mewakili Indonesia nanti ke internasionalnya. Dan ini kita berharap nanti juga medali emas di tingkat internasional yang akan digelar awal tahun 2021,” paparnya.

Arif mengungkapkan dalam ajang KSN tahun 2020 ini ada tiga orang siswa SMAN 1 Pamekasan mewakili Jatim berlaga di dalamnya. Satu bidang Geografi dan dua orang bidang fisika.  Yang berhasil meraih medali hanya bidang geografi, sedang  lainnya belum.

Tetapi dia bangga anak yang belum sukses itu tetap masuk kategori siswa yang sangat bagus karena berhasil menjadi duta Jatim di tingkat nasional. Dengan aneka prestasi yang diraih anak didiknya selama ini, SMAN 1 Pamekasan telah dikenal sebagai sekolah favorit nasional sejajar dengan sekolah favorit di Jakarta seperti SMA Penabur dan lain sebagainya.

Apalagi pada KSN tahun ini siswa SMAN 1 Pamekasan memperoleh 3 penghargaan sekaligus.“Dengan kirap ini juga akan memotivasi masyarakat bahwa meskipun kita dalam kondisi pandemic Covid saat ini, proses pendidikan jika dikelola dengan baik akan membuahkan hasil yang baik dan ini sudah dibuktikan di masa pandemi kita mendapatkan prestasi. Ini untuk menyemangati masyarakat bahwa pendidikan itu tidak akan stagnan. Tergantung bagaimana cara kita memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak didik kita,” pungkasnya. (mas)