Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Puluhan Ribu UMKM dan IKM Manfaatkan Diskon Tambah Daya Listrik Super Merdeka

Hingga 20 November, tercatat lebih dari 50 ribu UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program diskon tambah daya. 

SURABAYA (global-news.co.id) – Program Diskon Tambah Daya Super Merdeka dari PLN terus memperoleh antusiasme para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Hingga 20 November, tercatat lebih dari 50 ribu UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program ini.
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan bahwa meskipun telah diperpanjang dua kali, program ini terus mendapatkan sambutan baik dari pelanggan. “Antusiasme pelanggan sangat besar, lebih dari 50 ribu pelanggan telah mendaftar, dan jumlah ini bisa makin bertambah setiap harinya. artinya pelanggan menyambut positif dan bisa merasakan langsung manfaat dari penambahan daya ini,” ucap Bob dalam siaran pers, Senin (23/11/2020).
Di Jawa Timur tercatat 7.594 UMKM dan IKM telah mendaftar untuk memanfaatkan program ini. “Di Jawa Timur antusiasmenya cukup luar biasa. Terbanyak dari wilayah UP3 Madiun dengan jumlah 2327 pelanggan, kedua dari UP3 Ponorogo sebanyak 1218 pelanggan, dan ketiga dari Banyuwangi sebanyak 789 pelanggan. Ini membuktikan sektor UMKM dan IKM di Jawa Timur terus produktif dan bertumbuh di tengah pandemi,” urai Senior Manager Niaga PLN UID Jawa Timur Agung Surana.
Melalui program Super Merdeka ini, PLN memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% bagi pelanggan golongan tarif Bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 Volt Ampere (VA) sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.
Abdul Tolak, Pemilik Usaha Handicraft di Panarukan Situbondo, salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan program Super Merdeka dengan menambah daya listrik dari 900 VA ke 2.200 VA, menilai hadirnya program tersebut sangat membantu dirinya untuk mengembangkan usahanya. “Kebetulan sedang membutuhkan daya yang lebih karena kemarin itu dayanya tidak cukup, dan Alhamdulillah tambah daya jadi murah dengan program ini. Terutama saat pandemi seperti sekarang ini pengeluaran sekecil apa pun terasa berarti,” tambahnya.
Di tengah pandemi Covid-19, UMKM/IKM adalah tulang punggung kegiatan ekonomi. Program Super Merdeka merupakan wujud kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya. tis

baca juga :

Kapolresta Sidoarjo Ungkap Motif Penembakan Juragan Rongsokan

Investasi Rp 4,7 Triliun Di-Cancel, Badrut Tamam Menangis dan Berupaya Tetap Bisa Terealisir

gas

Golkar Serahkan Tiga Nama Cawali Surabaya ke DPP

Redaksi Global News