Puluhan Bangkai Bus Transjakarta Peninggalan Jokowi-Ahok Terbakar, Undang Perhatian Netizen

Antara
Puluhan bangkai Bus Transjakarta yang tersimpan di lokasi penampungan di Dramaga Bogor terbakar, puluhan mobil pemadam dikerahkan, Jumat (13/11/2020).

BOGOR (global-news.co.id) –  Puluhan bangkai Bus Transjakarta yang tersimpan di lokasi penampungan di Dramaga, Bogor terbakar hebat, Jumat (13/11/ 2020). Lokasi penampungan itu berada di Jalan Raya Dramaga, tepat di depan RS Karya Bhakti Pertiwi.
Petugas pemadam kebakaran Kota Bogor telah mengerahkan sejumlah mobil pemadam untuk memadamkan puluhan bangkai Bus Transjakarta. Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran ini.
“Di lokasi sudah ada lima mobil pemadam, dan akan ditambah lagi. Bisa puluhan mobil,” kata Kepala Desa Dramaga Yayat Supriyatna dikonfirmasi wartawan.
Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.00. Asap hitam pekat terlihat membung tinggi di langit dari bangkai bus yang dilahap api. Lokasi kebakaran ini merupakan penampungan bangkai bus Transjakarta yang sudah tidak terpakai. Ada ratusan bangkai bus di lokasi tersebut.
Warga yang melihat pun panik karena lokasinya bersebelahan dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hingga saat ini, api masih terus melahap bangkai bus tersebut.
Untuk informasi, sejak awal Oktober 2020 terdapat proyek pemotongan bus Transjakarta hasil tender Pemerintah Jakarta pada tahun 2013 silam.
Bus-bus itu dalam status Budel Pailit PT Putera Adi Karyajaya putusan perkara no.21/PDT.SUS-Pailit/2018/PN.
Kabar terbakarnya puluhun bus yang pernah digunakan di era Jokowi-Ahok memimpin DKI Jakarta itu mengundang perhatian dari warganet. Mereka pun bertanya-tanya mengapa kebakaran bisa terjadi.
“Kenapa bangkai bus transjakarta selalu kebakar ya ? Padahal ….ah udah ahhh …,” tulis warganet.
“Salah satu prestasi DKI masa jokowi-ahok terbakar….,” timpal netizen lainnya.
“Bus trans jakarta yang lama menumpuk di dramaga bogor akhirnya TERBAKAR sore ini. Bus ini statusnya gimana ya? @PT_Transjakarta,” tanya netizen.
“Breaking News : Kebakaran terjadi di Kuburan Massal Bus Transjakarta di Dramaga Kabupaten Bogor, di.jalan raya Dramaga tepat di depan RS Karya Bhakti Pertiwi. Jumat 13/11/2020. Sengaja dibakar utk menghilangkan jejak…??” tuding warganet.

Belum Dapat Izin
Rupanya, lokasi tempat kebakaran Bus Transjakarta itu belum mendapatkan izin resmi dari aparatur setempat.
Kepala Desa Dramaga Yayat Supriyatna mengatakan, bahwa bus-bus tersebut sudah berada cukup lama teronggok di lahan kosong seluas sekitar 5 hektare.
“Sudah lama dari 2018. Jadi pemilik tanah ini mungkin punya link dengan yang ngurus bus ini sehingga tempat ini dipake titipan bus. Tanahnya milik seseorang sudah dipindah tangan, karena tanah sudah bersertifikat sehingga pindah tangannya nggak melalui desa. Jadi sampai saat ini saya belum kenal siapa pemilik tanah ini,” kata Yayat kepada wartawan.
Alhasil, pihak desa pun tidak mempunyai banyak data terkait jumlah bangkai bus tersebut. Hanya informasi yang didapatnya, bus itu merupakan bus yang ditolak oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengadaan bus Transkakarta beberapa tahun lalu.
“Ini bus Transjakarta katanya. Pada waktu itu bus ini mungkin tidak sesuai dengan spek sehingga ditolak. Ini kemungkinan ya. Saya gak tahu yang sebenernya sehingga bus ini karena tidak diterima Pemprov DKI dititpkan di tempat ini. Jumlahnya (bus) saya kurang apal, yang jelas ada ratusan. Jangankan izin untuk hal ini, Assalamualaikum pun tidak,” ungkap Yayat. ejo, gel, ins