Pemberian Bansos Tunai Diperpanjang hingga 2021

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara

JAKARTA (global-news.co.id) – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai atau BST akan tetap dilanjutkan pada tahun depan. Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan, program bansos tunai akan tetap disalurkan selama Januari hingga Juni 2021 untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sesuai instruksi bapak presiden, beberapa program akan langsung kita jalankan juga di Januari 2021 baik yang sifatnya reguler, yaitu PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan juga bantuan sosial tunai, kita akan jalankan di Januari 2021,” ujar Juliari dalam video virtual, Rabu (4/11/2020).

Juliari mengatakan, penyaluran bansos tunai saat ini masih berjalan hingga Desember 2020 nanti. Dari total anggaran Rp 32,4 triliun, realisasi penyaluran program bansos tunai ini telah mencapai Rp 25,86 triliun atau sebesar 79,80% . “Nanti tentunya sesuai arahan bapak Presiden kita lihat lagi, karena apa yang disampaikan beliau, anggaran kita harus fleksibel melihat kondisi sehingga program-program yang ada nanti kita sesuaikan kembali apabila memang dianggap perlu untuk diluncurkan kembali,” katanya.

Sedangkan, bansos tunai yang bersifat reguler tentunya akan disalurkan sepanjang tahun, Januari hingga Desember 2021 dengan indeks dan target yang sama. “Namun yang bansos tunai saat ini memang masih kita anggarkan dari Januari ke Juni saja. Sekali lagi terima kasih, semoga program dari Pemerintah Pusat ini benar- benar bisa dirasakan manfaatnya, khususnya bagi yang terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya. jef, ins