Musik Korea Berjaya, BTS Sabet Empat Penghargaan MTV EMA 2020

JAKARTA (global-news.co.id) – Musik Korea yang lagi digandrungi kaum muda di berbagai belahan bumi berjaya di MTV Europe Music Awards (EMA) 2020. Dalam pesta musik yang digelar di Bilbao, Spanyol, Minggu (8/11/2020) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB, dua grup idola K-pop Stray Kids dan Bangtan Sonyeondan (BTS) membawa pulang sejumlah penghargaan untuk kategori berbeda.

Stray Kids, seperti dilaporkan Soompi, memenangi kategori Best Korean Act, mengalahkan rekan sesama negaranya yakni Astro, Everglow, KARD, dan Victon.

BTS meraih empat penghargaan setelah dinominasikan dalam lima kategori tahun ini. Boyband yang digawangi RM, Jin, Suga, Jhope, Jimin, V, dan Jungkook itu memenangi kategori Best Song lewat lagu Dynamite. Di kategori ini, lagu mereka harus bersaing dengan Rockstar (DaBaby feat Roddy Ricch), Don’t Start Now (Dua Lipa), Rain on Me (Ariana Grande dan Lady Gaga), The Box (Roddy Ricch), serta Blinding Lights  (The Weeknd)

BTS juga tampil sebagai Best Group, mengungguli 5 Seconds of Summer, BLACKPINK, Chloe x Halle, CNCO, dan Little Mix. Dua penghargaan lain yang didapat para pelantun Magic Shop itu yakni Best Live Virtual melalui konser online mereka Bang Bang Con: The Live dan penghargaan  the Biggest Fans untuk tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan yang diraih BTS di MTV EMA 2020 lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Pada 2019, BTS membawa pulang tiga penghargaan, yakni grup terbaik, konser terbaik, dan penggemar terbaik.

Pada MTV EMA 2020 ini, Lady Gaga, yang meraup nominasi terbanyak, dinobatkan sebagai Best Artist.

Karena pandemi Covid-19 masih melanda dunia, perhelatan EMA 2020 dilakukan secara virtual dan  dimeriahkan dengan penampilan Alicia Keys, Sam Smith, Doja Cat, dan Da Baby. Little Mix didapuk menjadi pembawa acara.

Saat memenangkan kategori Best Group tiga tahun berturut-turut, RM memberikan janjinya kepada penggemar. “Kami akan tetap bekerja keras menjadi sebuah grup yang bisa menyentuh hati orang-orang dan memberikan mereka harapan lewat musik,” tuturnya.ret

Pemenang MTV EMA 2020:

Best Video: DJ Khaled featuring Drake ‘Popstar’ dibintangi Justin Bieber

Best Artist: Lady Gaga

Best Song: Dynamite – BTS

Best Collaboration: Karol G – Tusa ft Nicki Minaj

Best Pop: Little Mix

Best Group: BTS

Best New: Doja Cat

Biggest Fans: BTS

Best Latin: Karol G

Best Rock: Coldplay

Best Hip Hop: Cardi B

Best Electronic: David Guetta

Best Alternative: Hayley Williams

Video for Good: I Can’t Breathe – H.E.R.

Best Push: YUNGBLUD

Best Virtual Live: BTS BANG CON – The Live

Best UK & Ireland Act: Little Mix

2020 MTV EMA Generation Change Award:

Luiza Brasil – Brasil

Kiki Mordi – Nigeria

Temi Mwale – Inggris

Catherhea Potjanaporn – Malaysia

Raquel Willis – Amerika Serikat.