HKN, Masyarakat Diingatkan Disiplin Jalankan 3M untuk Lawan Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dr Herlin Ferliana (dua dari kiri) dalam Peringatan HKN, Kamis (12/11/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Memeringati Hari Kesehatan Nasional, masyarakat kembali diingatkan untuk  disiplin  mematuhi protokol kesehatan  untuk mencegah virus corona Covid-19 yaitu 3M.   

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr Herlin Ferliana menyebut masyarakat  merupakan fondasi. “Karena 3M itu kuncinya di masyarakat,” katanya, Kamis (12/11/2020).

3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan,  dan rajin mencuci tangan, merupakan senjata ampuh untuk memutus  rantai penyebaran virus corona.

Kalau 3T (test, tracing, dan treatment), lanjutnya, bergantung pada petugas (tenaga kesehatan). “Tapi kunci paling utama, akan morat marit kelelahan petugas kita kalau masyarakat tidak saling bahu membahu untuk menjaga 3M,” tandas Herlin.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, HKN ke-56 tahun ini berlangsung saat negara sedang menanggulangi bencana non alam, yaitu virus Covid-19. Karenanya tema peringatan HKN kali ini “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan masyarakat agar terus berjuang  dan bekerja keras untuk melawan Covid-19. Sementara lewat sub temanya, mengajak masyarakat untuk tidak kendor dan terus menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah diri dari corona virus.

Bersamaan dengan peringatan HKN, seluruh ASN Dinas Kesehatan Jatim melakukan  “Gerakan Tepuk Tangan 56 Detik” sebagai Apresiasi kepada Pejuang Pencegahan Covid-19, yaitu tenaga kesehatan dan masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu dilaksanakan pula pembagian masker dan flyer ke 5 tatanan, yaitu institusi pendidikan, tempat kerja, fasilitas pelayanan kesehatan, tempat/ fasilitas umum, dan keluarga.ret