Evaluasi Zona Integritas, Upaya Nganjuk Bebas KKN dan Gratifikasi

 

Evaluasi Zona Integritas yang diselenggarakan di gedung Command Center Pemkab Nganjuk, Selasa (10/11/2020).

NGANJUK (global-news.co.id) – Evaluasi Zona Integritas yang diselenggarakan di gedung Command Center Pemkab Nganjuk, Selasa (10/11/2020) menjadi salah satu usaha Kabupaten Nganjuk untuk mengukuhkan diri sebagai daerah yang bersih bebas korupsi, kolusi, nepotisme, dan gratifikasi.

Dalam acara yang diselenggarakan secara daring tersebut, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk Drs Mokhamad Yasin MSi, Inspektur Daerah Lis Handoyo MSi dan Kepala Dinas Keseharan Dr Achmad Noeroel Cholis.

PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) Nganjuk yang dipimpin oleh Dr Ilham menjadi satu-satunya perwakilan Nganjuk dalam Evaluasi Zona Integritas tahun 2020.

Dalam paparannya di depan para juri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Bupati Nganjuk H Novi Rahman Hidhayat SSos, MM menjelaskan PKM atau Puskesmas Nganjuk telah melaksanakan enam perubahan yaitu, perubahan manajemen, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang seluruhnya merupakan ihtiar menuju wilayan Zona Integritas.

Mas Novi-panggilan akab Bupati Nganjuk tersebut menyampaikan PKM Nganjuk telah melaksanakan tata kelola pemerintahan yang sesuai dengan Surat Edaran Bupati.

“Usaha yang dilakukan oleh Puskesmas Nganjuk tersebut telah sesuai dengan SK Bupati tentang Zona Integritas yang telah ditetapkan pada tanggal 17 Desember tahun 2019,” katanya.

Mas Novi menambahkan peningkatan kualitas tata kelola Puskesmas dan pelayanan kepada masyarakat secara terus menerus telah ditingkatkan. Ia juga menyoroti tentang pelayanan berbasis teknologi yang telah diterapkan oleh PKM Nganjuk.

Perlu diketahui saat ini PKM Nganjuk telah menerapkan sistem antrean berbasis aplikasi. sehingga masyarakat tidak perlu berkerumun saat melakukan pendaftaran. Pengguna layanan hanya perlu melakukan pendaftaran melalui mesin yang telah disediakan di Puskesmas.

Selama acara, juri Evaluasi Zona Integritas memberikan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada Kepala PKM Nganjuk Dr Ilham. Ketika ditanya tentang keunggulan PKM Nganjuk dibanding dengan yang lain, dokter ini menjawab kekuatan PKM Nganjuk ada pada inovasi dalam mengelola puskesmas dan sosialisasi ke masyarakat.

Ia juga menyampaikan selama pandemi PKM Nganjuk terus meningkatkan layanan ke masyarakat. “Selama pandemi Covid-19 ini kami lebih dekat dengan masyarakat. Kami selalu melakukan koordinasi dengan mereka melalui pertemuan kelompok seperti yang sudah dilaksanakan di kantor kecamatan. Untuk mendukung pemerintahan yang bersih, kami juga melakukan sosialisasi lima pilar pondasi pemerintah ke masyarakat,” katanya.

Untuk mewujudkan instansi yang berintegritas, PKM Nganjuk telah melakukan banyak perubahan diantaranya dengan selalu melaksanakan pengawasan dan evaluasi pada kinerja pegawai dan rutin melakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan layanan publik yang bersih bebas pungli.

Di akhir kegiatan, Mas Novi berharap dengan adanya instansi yang memiliki konsentrasi pada peningkatan Zona Integritas dapat memberikan stimulasi kepada instansi lain untuk melakukan hal serupa.

Hal ini juga menjadi gambaran kepada masyarakat bahwa kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk semakin membaik, dan menjadi komitmen untuk terus membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional. roy