Empat Penghargaan Nasional di Hari Jadi Ke-490 Pamekasan

Badrut Tamam bersama Forkopimda dan pimpinan DPRD usai Sidang DPRD Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pada momentum Hari Jadi yang ke-490 ada kado istimewa diraih Pemkab Pamekasan selama satu tahun terakhir. Setidaknya empat prestasi atau penghargaan tingkat nasional diraih kabupaten berjuluk Gerbang Salam ini.

Penghargaan itu diterima terhitung dari 3 November 2019 hingga 3 November 2020. Semua penghargaan yang diterima Pemkab Pamekasan itu, Selasa (3/11/2020) kemarin, diungkapkan oleh Ketua DPRD Pamekasan Fathorrahman saat memimpin sidang Paripurna Khusus DPRD Pamekasan dalam rangka memperingati Hari Jadi Pamekasan ke-490 di ruang utama Gedung DPRD.

“Selamat kami ucapkan kepada Pemkab Pamekasan, di hari jadi yang ke 490 ini diraih banyak prestasi dan penghargaan. Pertahankan dan tingkatkanlah. Dan yang paling pokok penghargaan itu harus mewujud menjadi sebuah karya nyata berupa pelayanan dan peningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Fatforrahman.

Penghargaan yang diterima oleh Pemkab tersebut antara lain, pertama, pengharaan Ombusman Awarad 2019, sebagai daerah dengan predikat kepatuhan tertinggi, yang diterima oleh Wakil Bupati Raja’e. Kedua penghargaan Indonesia Awarad 2020 dari INews dalam hal Pembangunan bidang Kesehatan di masa Pandemi covid 19, diterima oleh Bupati Badrut Tamam.

Penghargaan yang ketiga berupa penghargaan daerah dengan status kinerja tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daeah dari Mendagri.

Dan yang keempat berupa penghargaan dari Kemeterian Keuangan RI, atas keberhasilan Pamekasan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah.

Bupati Badrut Tamam dalam sambutannya saat sidang paripurna khusus DPRD itu juga mengucapkan selamat hari jadi ke 490 kepada seluruh elemen masyarakat Pamekasan. Dia berharap melalui momentum peringatan hari jadi itu masyarakat Pamekasan bisa meneladani kepeloporan Ronggosukowati membangun Pamekasan meletakkan dasar dasar pemerintahan.

Badrut Tamam mengatakan peringatan hari jadi yang ke 490 berbarengan dengan masa dua tahun kepemimpinannya bersama wakilnya, Raja’e, memimpin Pamekasan. Dia menegaskan sejak awal telah bertekad dengan segala daya dan upaya akan curahkan untuk mewujudkan Pamekasan yang berkemajuan Pamekasan hebat, yang mensejahterakan rakyat.

“Peringatan hari jadi yang ke 490 sengaja menetapkan tema besar Pamekasan Reborn Desaku Makmur Pamekasan Hebat. Reborn artinya lahir kembali, untuk menciptakan semangat baru atau spirit baru atau beberapa program yang akan dilakukan. Recovery ekonomi dan kemajuan kesejahteraan sebagai bagian dari prioritas yang telah kami tetapkan,” ungkapnya.

Dia mengatakan berbagai program prioritas telah terasa manfaatnya oleh rakyat. Dia berjanji program itu terus dipertahankan dan ditingkatkan. Misalnya Mall Pelayanan Public (MPP) akan terus disempurnakan. Beasiswa santri yang dimulai tahun ini akan terus diperbaiki dan dievaluasi, sehingga ke depan banyak santri yang berprestasi.

Terkait bidang pendidikan dan perbaikan SDM, Badrut Tamam mengungkapkan mulai Desember 2020 hingga Januari 2021 mendatang akan keliling kampus kampus dan sekolah kedinasan untuk membuat program beasiswa bagi lulusan SLTA guna disekolahkan di sekolah kedinasan dan dikuliahkan di fakultas kedokteran untuk perbaikan kesehatan masyarakat.

“Di bidang kesehatan kita akan terus mempermudah langkah pelayanan kesehatan yang profesional dan excellent, call care. Serta akan terus kita genjot perbaikan Puskesmas dan Rumah Sakit serta layanan kesehatan yang lain. Termasuk juga di bidang ekonomi dan profesionalisme birokrasi. Kami akan terus perbaiki sehingga maksimal melayani masyarakat,” pungkasnya. (mas)