Demonstrasi Menentang Hasil Pilpres AS, Puluhan Orang Ditangkap

AP
Demonstrasi menentang hasil pilpres AS pecah di Washington DC. Mereka adalah pendukung Trump. 

WASHINGTON (global-news.co.id) – Lebih dari 20 orang ditangkap terkait demonstrasi memprotes hasil pilpres Amerika Serikat yang berlangsung di Washington DC pada Sabtu lalu. Mereka adalah pendukung Trump.
Penangkapan terjadi selama dan setelah demonstrasi berlangsung di Northwest Washington. Demonstrasi diwarnai kerusuhan setelah massa para pendukung dan penentang Trump bertemu dalam demonstrasi.
Saat itu ribuan orang turun ke jalan pada siang hari sebagai dukungan kepada Trump terkait kekalahan dalam pilpres AS. Trump sempat melewati kerumunan massa dalam perjalanan menuju klub golf-nya di Virginia.
Demonstrasi mulai tegang pada sore hari hingga terjadi kekerasan. Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan, insiden saling dorong, memukul, serta ledakan kembang api. Tampak pula beberapa orang mengeroyok satu pria hingga pingsan.
Departemen Kepolisian Metropolitan, seperti dikutip dari Associated Press, Senin (16/11/2020), menyatakan, seorang pria 26 tahun didakwa melakukan serangan dengan senjata berbahaya setelah menembakkan kembang api ke beberapa orang.
Selain itu empat orang ditangkap atas berbagai tuduhan terkait penganiayaan yang menyebabkan seorang korban tak sadarkan diri. Polisi juga melaporkan adanya korban penikaman yang dirawat di rumah sakit, meskipun belum diketahui pelakunya. Empat polisi juga terluka saat mengangani demonstrasi. Petugas menyita delapan senjata api dari lokasi.
Setidaknya 10 dari total orang yang ditangkap merupakan warga Washington DC, sementara lainnya berasal dari negara bagian tetangga Maryland dan Virginia. Selain itu ada pula yang berasal dari New York, New Jersey, Carolina Selatan, dan Georgia.
Polisi masih memburu banyak demonstran lainnya setelah mengidentifikasi para pelaku kerusuhan dari rekaman CCTV.
Selain di Washington DC, demonstrasi menentang hasil pilpres AS juga terjadi di beberapa kota seperti Dallas, Las Vegas, Austin dan lainnya. ins, sin