Trump Positif Corona, Waspadai Guncangan Pasar Keuangan Global

Reuters
Presiden AS Donald Trump dan istrinya, Melania terinfeksi Covid-19.

JAKARTA (global-news.co.id)- Pengumuman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump positif Covid-19 bisa membuat pasar keuangan dunia terguncang. Lantaran kegiatan program-program penting di AS akan terhambat karena Trump dikarantina.
“Jika bisa pulih lebih cepat saya kira dampaknya lebih kepada sentimen di pasar keuangan dengan jangka waktu pendek, karena ada potensi ketidakpastian dengan positif Covid-19 nya Trump. Namun jika proses pemulihan akan lebih lama bahkan jika sampai ke hari pemilihan, saya kira sentimennya negatif akan lebih besar,” ujar Ekonomi Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Yusuf Rendy, Jumat (2/10/2020).
Dia melanjutkan memang dampak dari positifnya Trump ini akan dipengaruhi seberapa lama Trump bisa pulih dari Covid-19. Jika sembuh cepat, artinya ada potensi green back atau capital outflow dari negara-negara emerging market seperti Indonesia. “Kalau penyembuhannya cepat, potensi green back atau capital outflow dari negara-negara emerging market seperti Indonesia bisa terjadi,” jelasnya.
Namun efek Trump positif Covid-19 tidak akan membuat resesi Amerika Serikat berkepanjangan. Sebab, stimulus yang diberikan akan bisa menahan potensi lanjutan resesi. “Lantas apakah akan memperpanjang resesi di AS, saya kira kecil kemungkinan karena faktor Trump positif Covid-19 ini akan lebih banyak dipengaruhi stimulus lanjutan baik itu dari sisi moneter maupun fiskal,” tandasnya.
Untuk diketahui Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump membuat sebuah pengumuman yang mengejutkan di akun Twitternya.
Trump mengatakan dia dan istrinya, Melania telah terinfeksi Covid-19.
“Hari ini, saya dan FLOTUS (Melania) dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama,” kicau Trump pada Jumat (2/10/2020).
Pernyataan Trump sendiri datang setelah ajudan utama dirinya, Hope Hicks, telah dites positif terinfeksi Covid-19 setelah melakukan perjalanan dengan Air Force One pekan ini.
Hasil tes positif Covid-19 untuk Hicks muncul pada Kamis setelah dia menemani Trump ke rapat umum sehari sebelumnya.
Selain rapat umum pada Rabu, Hicks menghadiri acara lain dengan Trump pekan ini. Mereka bepergian bersama dengan pesawat kepresidenan Air Force One ke acara debat perdana calon presiden AS di Cleveland, Ohio pada Selasa malam.
Dokter presiden, Sean Conley, mengatakan bahwa Trump dan Melania baik-baik saja saat ini, dan mereka berencana untuk mengarantina diri di rumah di dalam Gedung Putih selama pemulihan.
“Saya dan tim medis Gedung Putih akan terus berjaga-jaga, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh beberapa profesional dan institusi medis terbesar di negara kita. Yakinlah saya berharap Presiden tetap menjalankan tugasnya tanpa gangguan sambil memulihkan diri,” kata Conley, seperti dikutip Russia Today. rst, sin, ins