Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Pulihkan Ekonomi, Kemenparekraf/Baparekraf Gelar Finback 2020

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim.

TANGERANG (global.news.co.id) –  Pandemi Covid-19 masih terus menghantui pembangunan ekonomi nasional di semua sektor, termasuk sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Karena  itu, pemerintah dan lembaga keuangan non bank terus berupaya melakukan strategi pemulihan bagi pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nasional.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi kegiatan Fintech Business Matchmaking (FinBack)  2020. Kegiatan yang digelar di Serpong Tangerang, Selasa (27/10/2020) ini merupakan inisiasi Deputi Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Direktorat Akses Pembiayaan melalui Subdit Teknologi Finansial dan Modal Ventura.

Fintech Business Matchmaking atau FinBack ini mempertemukan pebisnis/pengusaha dengan calon investor atau partner yang memberikan dampak pada peningkatan asset, pendapatan, daya saing yang berkualitas bagi pelaku usaha. Perjodohan ini semoga berpengaruh terhadap eksistensi produk kreatif melalui teknologi finansial,” jelas Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim dalam rilisnya.

FinBack sendiri, lanjutnya,  bertujuan untuk memperluas networking, menambah wawasan tentang tren bisnis dan perdagangan serta akses pembiayaan, mengefisiensikan waktu dan biaya. Sasaran dari sosialisasi ini, setidaknya peserta memahami tentang cara pengajuan pembiayaan dan memahami konsep pendananaan melalui peer to peer landing berbasis finansial teknologi.

Saat ini FinBack masih terfokus pada sektor pariwisata dan beberapa sub sektor seperti fesyen, kriya, dan kuliner. Ini dikarenakan potensi sub sektor tersebut yang menunjukkan tren positif dan terus meningkat setiap tahunnya. Ke depannya, FinBack mungkin akan merambah sub sektor Ekonomi Kreatif yang menjadi binaan Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif.

Selain Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang, Ubaidilah Ansar,  wakil dari Koinwork dan Akseleran, gelaran FinBack ini juga dihadiri secara hybrid (offline dan online) perwakilan pelaku usaha dalam sub sektor di atas, termasuk yang berada di wilayah Kota Tangerang. Peserta yang hadir sangat dibatasi dengan pertimbangan penyebaran Covid 19.  Seluruh peserta harus melakukan protokol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah pada masa Pandemi.

Kegiatan FinBack ini semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh peserta, karena dalam waktu kurang dari 8 jam, pelaku usaha dapat berdiskusi dengan investor/potential partners  –yang  biasanya berada di kota besar– secara gratis. “Sesi coaching clinic ini menjadi kesempatan yang paling dinantikan selama gelaran Fintech Business Matchmaking,” kata Hanifah.eno

baca juga :

Reksa Dana Indeks BNI Asset Management Kini Hadir di Pasar Retail

gas

Liga 1: TC di Jogjakarta, Persebaya Tempa Fisik, Mental dan Taktital

Marselino Ferdinan Masuk 60 Top Wonderkid Versi The Guardian, Aji Ingatkan Latihan Lebih Keras Lagi

Redaksi Global News