Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Bentuk Tim Swab Hunter, Pelanggar Protokol Kesehatan Langsung Dites Swab PCR

Razia protokol kesehatan gencar dilakukan Pemkot Surabaya. Apabila ditemukan warga yang melanggar, mereka langsung dikenakan sanksi dan langsung dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan.

SURABAYA (global-news.co.id) — Sosok Walikota Surabaya Tri Rismaharini benar-benar tak pernah kehabisan kreativitas dan inovasi. Berbagai terobosan telah diciptakannya untuk menangani pandemi Covid-19. Meskipun saat ini kondisi di Kota Pahlawan sudah membaik, tetapi Walikota Risma justru semakin intensif dalam memutus mata rantai penyebaran virus global ini.

Salah satu terobosan baru yang dilakukannya kali ini adalah membentuk tim khusus bernama Tim Swab Hunter. Tim itu terdiri dari tiga pilar yakni kecamatan, Kapolsek, dan Danramil. “Jadi, mereka bersinergi menggelar razia protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing. Apabila ditemukan warga yang melanggar, mereka langsung dikenakan sanksi dan langsung dibawa untuk menjalani tes swab pada saat yang bersamaan,” kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto di kantornya, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, tim ini berawal dari evaluasi yang digelar Walikota Risma bersama para camat se-Surabaya. Saat itu, Risma ingin terus memasifkan tes untuk melakukan deteksi dini warga-warga yang terpapar Covid-19. “Akhirnya, terbentuklah Tim Swab Hunter. Tim ini melakukan operasi Swab Hunter. Jika ditemukan ada yang melanggar langsung diswab,” tegasnya.

Kepala BPB Linmas ini menjelaskan bahwa pada saat razia pagi hingga siang hari, jika ditemukan ada pelanggar, langsung dibawa ke puskesmas di wilayah tersebut dan langsung tes swab di puskesmas. Sedangkan saat razia pada malam hari, jika ditemukan pelanggar maka mereka akan dibawa ke beberapa titik lokasi swab yang sudah ditentukan oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kesehatan. “Jadi kalau betul-betul melanggar selain penyitaan KTP juga dikenakan sanksi lain dan langsung di-swab. Hingga kemarin malam, sedikitnya ada tiga kecamatan yang telah melaksanakan giat swab hunter,” urainya.

Tiga kecamatan itu adalah Kecamatan Tambak Sari, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Rungkut. Operasi ini akan terus masif dilakukan oleh Kecamatan-kecamatan se Surabaya. “Nanti semuanya akan menggelar operasi Swab Hunter ini,” katanya.

Mantan Kasatpol PP Surabaya itu juga merinci operasi di Kecamatan Sawahan sudah dilakukan di Pasar Mbok Abang Banyuurip. Di tempat tersebut, ada dua pelanggar dan langsung dibawa ke Puskesmas Banyuurip. Tim Swab Hunter juga sudah melakukan operasi di lokasi lain, termasuk di Pasar Blauran. “Ternyata ditemukan 8 pelanggar dan langsung dibawa ke Puskesmas Sawahan untuk tes swab,” katanya.

Sedangkan Tim Swab Hunter Kecamatan Tambakasari sudah menggelar operasi di TL Tuwowo dan ada 4 pelanggar yang langsung dibawa ke Puskesmas Rangkah. Sementara tim dari Kecamatan Rungkut menggelar operasi di Jalan MERR dan ternyata sudah banyak yang patuh. Saat operasi di MERR itu, hanya ditemukan seorang pengendara yang tidak menggunakan masker, sehingga langsung dilakukan penyitaan KTP dan langsung dibawa ke Puskesmas Gunung Anyar untuk dites swab.

“Ini akan terus dilakukan oleh teman-teman kecamatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ayo kita selalu disiplin menjaga protokol kesehatan dengan biasakan yang tidak biasa,” pungkasnya. pur

baca juga :

2 Pedagang Terpapar Corona, Lapak Sayur di Pasar Krian Dibongkar

Bupati Gus Muhdlor Berangkatkan Bansos Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

gas

PLN Rampungkan Proyek Strategis Nasional, Listrik Jawa Timur Kian Andal

gas