Optimalkan Pelayanan Non Tatap Muka, BPJS Kesehatan Luncurkan Pandawa

BPJS Kesehatan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan pelayanan non tatap muka adalah kanal Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), yang dapat diakses melalui smartphone milik peserta.

SURABAYA (global-news.co.id) –   Di tengah pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan melakukan perubahan pelayanan di kantor cabang untuk menghindari munculnya klaster baru. Karena itu pelayanan tatap muka dibatasi, dan pelayanan non tatap muka dioptimalkan.

Salah satu inovasi yang diluncurkan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan pelayanan non tatap muka adalah kanal Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa), yang dapat diakses melalui smartphone milik peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya Betsy MO Roeroe menjelaskan, Pandawa diluncurkan sebagai upaya partisipasi pencegahan penularan virus COVID – 19. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung pemerintah dengan berupaya meminimalisir intensitas peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Layanan Pandawa ini diluncurkan tentunya untuk kenyamanan dan keamanan bersama, baik peserta JKN maupun duta BPJS Kesehatan itu sendiri. Tentunya dengan tetap mempertahankan kualitas pelayanan bagi seluruh peserta program JKN – KIS,” tutur Betsy saat media gathering secara virtual, Senin (26/10/2020).

Peserta program JKN – KIS yang berdomisili di kota Surabaya, dapat memanfaatkan layanan ini dengan mengirimkan pesan melalui nomor 087739901120. Seperti halnya dengan pelayanan tatap muka, petugas BPJS Kesehatan akan melayani kebutuhan pelayanan administrasi peserta melalu pesan whatsapp sesuai dengan antrean.

“Tidak ada bedanya dengan layanan tatap muka, kami melakukan pelayanan melalui aplikasi ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 15.00. Peserta akan dilayani sesuai dengan kebutuhannya. Bedanya saat ini tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus segala kebutuhan yang berhubungan dengan pelayanan administrasi,” ujar Betsy seraya mengatakan pelayanan tatap muka hanya untuk melayani PBI, PBPU kelas 3 dan BP dengan tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan.

Pelayanan yang dapat dilakukan melalui aplikasi Pandawa meliputi pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pengaktifan data ganda, perubahan fasilitas kesehatan, serta perubahan jenis segmen kepesertaan, data identitas, data golongan dan gaji.

“Jadi semua pelayanan administrasi dapat dilakukan melalui aplikasi Pandawa ini. Hal ini diharapkan dapat mempermudah peserta dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas tanpa repot keluar rumah dan dapat dilakukan dari mana saja,” tutup Betsy.

Selain layanan Pandawa, pelayanan administrasi, informasi dan pengaduan juga dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan care center 1500 400, dan WhatsApp Chat Asistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400. Sebelumnya BPJS Kesehatan juga telah memperkenalkan layanan Voice Interactive JKN (VIKA) pada menu BPJS Kesehatan care center yang dapat dimudahkan peserta untuk memperoleh informasi mengenai program JKN – KIS.

Kepala Bagian Kepesertaan Wido menambahkan layanan Pandawa ini sifatnya pelayanan sementara sambil menunggu aplikasi mobile JKN benar-benar beroperasi maksimal.  tis