Global-News.co.id
Indeks Mataraman Utama

Menaker Luncurkan Indonesia Digital Entrepreneur di Mojokerto

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, saat memberikan sambutan dalam peresmian Indonesia Digital Entrepreneurship Summit di Mojokerto, Jumat (23/10/2020).

MOJOKERTO (global-news.co.id) – Perkembangan teknologi dan platform digital yang tumbuh pesat di Indonesia harus dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.
Transformasi teknologi digital saat ini membuat pekerjaan menjadi sangat fleksibel baik secara waktu ataupun tempat. Hal ini merupakan kondisi yang sangat tepat bagi pelaku digital startup dan UMKM untuk dapat berkembang,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, saat memberikan sambutan dalam peresmian Indonesia Digital Entrepreneurship Summit di Mojokerto, Jumat (23/10/2020).
Ida mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada proses transformasi dunia usaha. Kemudian, industri yang menerapkan Work From Home dan perubahan pola konsumsi masyarakat akibat pandemi, meningkatkan penggunaan teknologi dalam segala aspek.
“Dari perspektif ketenagakerjaan, di satu sisi revolusi digital enterpreneurship ini sangatlah baik karena dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, terutama bagi Angkatan kerja berpendidikan diploma dan universitas,” kata Ida.
Di sisi lain, lanjutnya, kondisi ini memiliki tantangan dalam penyiapan angkatan kerja yang kebanyakan saat ini masih berpendidikan rendah, agar dapat siap menghadapi revolusi digital ini. Untuk itu, dalam penyiapan SDM, Kemnaker telah mengembangkan kurikulum pelatihan yang berfokus pada aspek human digital dengan metode pembelajaran yang mengoptimalkan teknologi (blended learning).
“Dengan semua usaha ini diharapkan pelaku wirausaha di Indonesia siap bertransformasi ke dalam digital entrepreneur sebagai salah satu ujung tombak pemulihan perekonomian di era digitalisasi dan bonus demografi pasca pandemi,” kata Ida.
Sementara itu, Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Suhartono, menyampaikan  potensi dari revolusi digital di Indonesia sangat besar. Ia berharap Indonesia Digital Entrepreneurship Summit dapat menjadi katalisator untuk semakin tumbuhnya digital entrepreneurship, khususnya di Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur. “Para pelaku UMKM di perkotaan dan di pedesaan terus kita dorong untuk terus berkembang usahanya dengan memanfaatkan platform,” kata Suhartono. bas, sin

baca juga :

Dua Desa di Kabupaten Lumajang Masuk 300 Besar ADWI 2021

Redaksi Global News

Surabaya Segera Bangun Mall Pelayan Publik

Redaksi Global News

Bursa Kerja ASSIK ke-2 Buka Peluang hingga ke Luar Negeri, Walikota Eri: Khusus Warga Surabaya