Koran Global News Diverifikasi Faktual Dewan Pers

GN/Retno Asri
Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Ahmad Djauhar didampingi verifikator Kanti Wiyoto saat menerima berkas verifikasi faktual dari Pemimpin Redaksi Global News, Erfandi Putra, Kamis (22/10/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Koran Mingguan Global News dan global-news.co.id  selesai menjalani verifikasi faktual dari Dewan Pers, Kamis (22/10/2020).  Verifikasi faktual ini merupakan kelanjutan dari verifikasi administratif yang sudah dilakukan sebelumnya.

Saat melakukan penilaian, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Ahmad Djauhar, yang didampingi verifikator Kanti Wiyoto,  antara lain menanyakan segmen pembaca,  sumber berita, hingga materi-materi  berita yang disajikan di Koran Global News dan global-news.co.id.   “Kalau di online setiap harinya rata-rata upload berapa berita,” tanya Djauhar pada Pemimpin Redaksi Global News, Erfandi Putra, yang didampingi Redaktur Pelaksana Global News, Titis Tri Wahyanti, Kamis (22/10/2020).

Djauhar memuji  manajemen Koran Global News yang sudah memiliki kantor sendiri di Jalan Cipta Menanggal VI no 7 berikut fasilitas-fasililtas yang mendukung kegiatan wartawannya.

Selain masalah berita,  tim verifikator juga  menanyakan  jumlah SDM yang terdiri wartawan dan karyawan media tersebut. Erfandi lalu menceritakan sekilas perjalanan Global News. Disebutkan, sebagian besar wartawan Global News adalah mantan wartawan Harian Sore Surabaya Post yang berprestasi di bidangnya.  Di antaranya Erfandi sendiri dan Agung Kusdyanto yang pernah memenangi  Piala Prapanca -penghargaan tertinggi  bidang jurnalistik dari PWI Jatim-  dan sejumlah penghargaan lomba karya tulis tingkat nasional di bidang energi,  lomba karya tulis tingkat nasional yang membuahkan perjalanan ke Selandia Baru bagi Retno Asri, serta sejumlah penghargaan lainnya.

Tak hanya jumlah personal, masalah pelatihan yang diberikan manajemen kepada karyawan maupun wartawan hingga kesejahteraannya juga jadi poin yang ditanyakan dalam verifikasi faktual  yang juga dihadiri Wakil Pemimpin Redaksi Global News, Gatot Susanto.  “Selain memberikan Tunjangan Hari Raya (THR), kami juga memberikan bonus pada akhir tahun yang besarannya sesuai masa kerja.  Kalau yang sehari-hari, setiap deadline yaitu Hari Rabu, kami sediakan extra fooding untuk menambah stamina mereka,” kata Erfandi. eno