Khamzat Chimaev, The Next Khabib?

Khamzat Chimaev sering disebut sebagai The Next Khabib.

ABU DHABI (global-news.co.id)-Setelah berhasil mempertahankan gelar juaranya, Khabib Nurmagomedov pensiun dari olahraga tarung UFC. Ada satu petarung yang disebut-sebut sebagai penerusnya, dia adalah Khamzat Chimaev.

Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun setelah UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi pada Minggu (25/10/2020). The Eagle, julukan Khabib, menutup karir dengan mempertahankan sabuk juara kelas ringan dari sang penantang, Justin Gaethje.

Khabib pensiun dengan rekor kemenangan 29-0. Dia tutup karir setelah sang ibu memintanya untuk tidak lagi bertarung setelah sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov tutup usia di bulan Juli lalu akibat penyakit jantung.

Kini banyak yang bertanya. Siapa petarung yang bakal menggantikan posisi Khabib? Sebenarnya ada banyak petarung yang disebut-sebut sebagai penerus Khabib Nurmagomedov. Saudara-saudara Khabib juga banyak yang dari Dagestan, Rusia. Mendiang ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, telah menciptakan sebuah dinasti petarung atas nama marganya.

Sejumlah saudara Khabib kini masih berlaga di MMA sebagai petarung yang tak kalah jempolan. Mereka adalah Usman Nurmagomedov, Umar Nurmagomedov, dan Abubakar Nurmagomedov, yang semuanya adalah saudara sepupu Khabib.

Usman Nurmagomedov berlaga di kelas yang sama dengan Khabib, yaitu kelas ringan. Seperti Khabib, dia juga memiliki rekor tak terkalahkan, yaitu 11-0. Akan tetapi, Usman baru bergabung ke Bellator pada awal bulan ini. Jalannya masih cukup jauh untuk bisa melanjutkan kiprah nama Nurmagomedov di UFC.

Umar Nurmagomedov berkarier di kelas bulu, bukan kelas ringan. Walaupun punya rekor tak terkalahkan, yaitu 12-0, jalan Umar untuk menjadi bintang UFC juga masih jauh karena sama sekali belum masuk daftar peringkat. Umar baru dijadwalkan akan melakoni debutnya di UFC 254 lalu, tetapi batal tampil karena sakit.

Abubakar Nurmagomedov mungkin paling lemah di antara saudara-saudara Khabib dengan langsung kalah dalam debutnya pada UFC akhir tahun lalu. Rekornya 15-3-1 selama menjalani karier MMA profesional. Jauh dari daftar peringkat di kelas welter UFC, dua kekalahan terakhir Abubakar malah terjadi via kuncian lawan, sesuatu yang seharusnya dilakukan oleh marga Nurmagomedov.

Islam Makhachev Figur yang paling dekat menjaga panji-panji Nurmagomedov di UFC saat ini, sebenarnya adalah Islam Makhachev. Punya rekor 18-1, Islam Makhachev sedang dalam streak 6 kemenangan di UFC.

Berbeda dari para saudara sepupu Khabib, Islam Makhachev juga sudah berada di daftar peringkat UFC dengan saat ini menempati tangga ke-12 penantang kelas ringan alias kelasnya Khabib. Makhachev bukan saudara asli Khabib, hanya saudara seperguruan dengan dirinya tumbuh dan dilatih Abdulmanap bersama Khabib sejak kecil. Akan tetapi, Khabib sudah menganggap Islam Makhachev sebagai saudara sendiri. Bahkan, Khabib sudah mempromosikan sang saudara seperguruan dengan menyebut Makhachev sebagai calon juara kelas ringan UFC berikutnya.

Lantas siapa yang pantas disebut benar-benar sebagai ‘The Next Khabib Nurmagomedov’. Dia adalah Khamzat Chimaev.

Dilansir dari situs resmi UFC, Khamzat Chimaev merupakan petarung baru di kelas middleweight. Debutnya dimulai pada 16 Juli 2020 menghadapi John Phillips dan dimenangi lewat kuncian leher. 10 Hari kemudian, dia naik kelas ke welterweight. Dirinya kembali menang lewat TKO menghadapi Rhys McKee.

Khamzat Chimaev sudah memenangi tiga laga di UFC. Total kemenangan profesionalnya baru 9-0, tapi masa depannya begitu cerah bagi petarung berusia 26 tahun itu. Khabib Nurmagomedov juga tahu tentang Chimaez. Baginya, dia calon petarung yang berbahaya.

“Banyak orang yang membandingkan saya dengan dirinya, karena kami berasal dari daerah yang sama. Dia dari Chechnya dan saya dari Dagestan,” kata Khabib seperti dilansir RT. “Tapi, dia adalah calon petarung hebat. Dia berbahaya,” lanjutnya.

Khamzat Chimaev sudah bertarung sejak usia lima tahun. Dia memenangi medali perunggu di ajang Russian National Championships.

Tahun 2011, Chimaev pindah ke Swedia dan memiliki kewarganegaraan setempat. Dia kembali memenangi berbagai kejuaraan gulat seperti meraih medali emas di ajang Swedish National Championships dan pernah bertarung di ajang Brave Combat Federation.

Khamzat Chimaev punya rupa yang mirip dengan Khabib. Baik dari bentuk wajah hingga gaya bicaranya. Tapi satu hal yang beda, Chimaev lebih brutal! “Saya suka menghabisi orang, membuatnya berdarah-darah. Saya mau menghabisi semua petarung di UFC,” katanya pada suatu waktu. Lihatlah pertarungan terakhirnya kontra Gerald Meerschaert di bulan September kemarin. Chiamev menghabisinya dengan hook kanan.

Presiden UFC, Dana White pun sudah menaruh perhatian pada Khamzat Chimaev. Baginya, Chimaev adalah petarung yang spesial. “Dia petarung yang spesial yang pernah saya lihat. Dia cuma mau bertarung, dia gila,” kata Dana seperti dilansir situs resmi UFC. “Chimaev tak cuma bisa gulat, dia bisa semuanya. Kamu bisa menyukainya dan membencinya,” lanjut Dana.