Jelang Peringatan Hari Guru, Dispendik Surabaya Wadahi Potensi Guru dengan Lomba

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo

SURABAYA (global-news.co.id) — Peringatan Hari Guru tahun 2020 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kota Surabaya akan diisi banyak kegiatan. Selain penerbitan 1.000 buku karya guru, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyiapkan berbagai lomba serta seminar. Yang menarik, seluruh pesertanya adalah guru, mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP baik negeri dan swasta.
Kepala Dispendik Kota Surabaya Supomo menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 terdapat lomba-lomba yang diperuntukkan bagi guru. Mulai dari lomba karya tulis ilmiah atau populer, lomba seni, serta lomba olahraga. Karena kegiatan tersebut digelar dalam suasana pandemi Covid-19, maka jumlah peserta dibatasi tiap bidang lomba.
“Kami ingin memberikan ruang bagi guru untuk terus berinovasi dan mengeluarkan potensi serta ide kreatif. Dengan begitu, para guru ini dapat terus mengembangkan diri yang kelak bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri, sekolah, maupun untuk siswanya,” kata Supomo, Jumat (23/10/2020).
Untuk lomba ilmiah, selain penerbitan 1.000 buku, ada lomba karya tulis berupa esai yang bersifat individu. Temanya terkait manajemen berbasis sekolah dan pendidikan karakter pelajar. Kemudian akan diadakan seminar/Forum Ilmiah Guru dan Tenaga Kependidikan (FIGTK) dengan keynote speaker Walikota Surabaya Tri Rismaharini secara daring.
Mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya ini mengatakan, untuk bidang olahraga, akan diselenggarakan lomba cipta senam kreasi. Lomba ini bagi guru TK, SD, dan SMP di Kota Surabaya. Berikutnya adalah lomba bulu tangkis, bola voli, dan lomba tenis meja. Ketiga lomba ini untuk guru SD dan SMP.
Kemudian adalah lomba seni, di mana para guru jenjang TK, SD, dan SMP di Kota Surabaya dapat mengikuti lomba melukis, lomba membatik, hingga lomba menyanyi. “Untuk lomba menyanyi ini, para peserta akan diiringi secara langsung oleh grup band yang semua personelnya berprofesi sebagai guru di Kota Surabaya,” papar Supomo.
Supomo mengungkapkan, para guru yang berprestasi dalam bidang-bidang lomba itu akan menerima penghargaan langsung dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Penganugerahan dilakukan saat puncak acara yang rencananya digelar pada 25 November mendatang di Balai Kota Surabaya. “Yang berprestasi akan diberi apresiasi  langsung oleh Ibu Walikota,” tandasnya. pur