Di Hadapan Kadin, Machfud Janji Perkuat Investasi Surabaya

Acara ‘Sambung Rasa bersama Calon Pemimpin Surabaya’ yang diselenggarakan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya di Hotel Majapahit dihadiri pasangan MAJU, Rabu (14/10/2020) malam,

SURABAYA (global-news.co.id) – Pasangan Calon (Paslon) Walikota-Wakil Walikota Surabaya Nomor Urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno (MAJU) memiliki komitmen untuk memperkuat sister city dengan 13 negara.
Dalam acara ‘Sambung Rasa bersama Calon Pemimpin Surabaya’ yang diselenggarakan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya di Hotel Majapahit, Rabu (14/10/2020) malam, Machfud Arifin memaparkan bahwa dirinya dan Mujiaman bakal bekerjasama dengan pihak lain, termasuk dengan Kadin, untuk menciptakan lapangan kerja.
“Sungguh prihatin buat kita. Investasi di Surabaya masih kalah dengan Bandung, karena ada ketidakyakinan orang-orang untuk investasi di Surabaya,” ujar Machfud Arifin.
Mantan Kapolda Jatim ini menjelaskan, ada 13 sister city. Seperti Liverpool dari Inggris dan kota-kota lain dari berbagai negara. Namun manfaat dari dampak kerjasama antara Surabaya dengan sister city dinilai Machfud Arifin masih sangat rendah. “Orang Liverpool ini ngeledek kita arek Suroboyo atau yo opo. Harusnya ada impact dan bisa kita (masyarakat) rasakan,” tuturnya.
Machfud Arifin berharap kepada Kadin Surabaya dan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun Surabaya lebih maju lagi dan membuat warganya makmur.
“Pemkot Surabaya harus bermitra dengan Kadin. Tapi Pemkot Surabaya bukan bagian daripada Kadin. Kita sebagai mitra kerja,” tuturnya.
Machfud Arifin menerangkan Kota Surabaya sudah bagus dalam periode kepemimpinan saat ini. Namun masyarakat masih merasa perlu perubahan yang lebih baik lagi. Dan menjadikan masyarakat Surabaya bukan sebagai wong cilik atau orang kecil.
“Tapi bagaimana warga Surabaya menjadi orang besar, memiliki daya beli yang bagus. Jangan menjadi orang kecil dan selalu dikasihani. Bantuan untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) saja susah. RT disuruh mengisi aplikasi, tapi bantuannya nggak datang-datang. Pintu rumahnya Pak RT digedor-gedor warga. Miris sekali,” ungkap arek asli Ketintang, Surabaya ini.
Machfud Arifin pun berharap, ke depan Pemkot Surabaya bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk Kadin bersama-sama membangun Kota Pahlawan lebih maju lagi dan makmur warganya.
“Saya bukan Superman. Saya bukan Superwoman. Tapi kita harus bersama-sama menjadi supertim, bermitra dengan Kadin, untuk bisa membuat loncatan-loncatan Surabaya lebih maju. Membangun Surabaya tidak sendirian,” jelasnya.
Dengan gaya serius dan jenakanya, Machfud Arifin meminta calon wakilnya Mujiaman Sukirno memaparkan apa saja yang akan dilakukan ke depan. “Ada Rp 36 triliun investasi di Kota Surabaya. Investasi dalam negeri hanya empat koma sekian triliun. Investasi asing Rp 0,14 trilun. Ada Rp 32 triliun investasi non fasilitasi,” papar Mujiaman.
Acara Sambung Rasa ini juga dihadiri Ny Lita Machfud Arifin, Mujiaman Sukirno, Ketua Tim Pemenangan Machfud Arifin-Mujiaman, Miratul Mukminin atau Gus Amik dan rombongan dari Tim MAJU. pur, tim