CR7 Positif Covid, Klub Inggris Rugi

MANCHESTER (globalnews.co.id)-Mega bintang sepakbola asal Portugal Cristiano Ronaldo dinyatakan positif Covid-19. Namun imbasnya justru banyak diderita klub klub Liga Utama Inggris. Kok bisa?

Sejumlah klub besar Liga Inggris terimbas cukup telak. Sebut saja seperti Manchester United, Liverpool, Manchester City, dan Wolverhampton. Mengapa?

Sejumlah pemain klub klub Liga Inggris tersebut diketahui bermain untuk timnas Portugal yang bakal tampil dalam ajang UEFA Nations League.

Nah, ketika Ronaldo diumumkan terjangkit virus Corona saat menjalani tugas internasional bersama Timnas Portugal, Selasa (13/10/2020), 22 rekan Ronaldo juga wajib menjalani pemeriksaan. Untungnya hasilnya semua negatif. Hanya Ronaldo yang dinyatakan positif.

Ronaldo sendiri dikeluarkan dulu dari skuat untuk menjalani isolasi mandiri. Sementara itu, seluruh sisa penggawa Timnas Portugal yang negatif tetap dibawa untuk laga kontra Swedia, Kamis (15/10/2020).

Meski para pemain lainnya negatif, bukan berarti mereka aman sepenuhnya, khususnya yang bermain di Liga Inggris. Sebab pemerintah Inggris mewajibkan siapa pun yang telah melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19 harus dikarantina selama dua minggu, terlepas hasil tesnya positif atau negatif.

Dengan demikian, para penggawa Portugal yang berasal dari Manchester United, Liverpool, Manchester City, dan Wolverhampton, harus absen selama 14 hari. Ini tentunya merugikan.

Dari kubu MU, ada Bruno Fernandes yang bisa jadi melewatkan partai kontra Newcastle United, Paris Saint-Germain, Chelsea, serta RB Leipzig. Di Liverpool, ada Diogo Jota yang bisa absen di laga kontra Everton, Ajax Amsterdam, Sheffield United, dan Midtjylland.

Untuk Manchester City, ada tiga pemain Portugal, yakni Ruben Dias, Joao Cancelo. dan Bernardo Silva. Ketiganya mungkin absen saat menghadapi Arsenal, Porto, Tottenham Hotspur, dan Olympiakos.

Paling menderita tentu Wolverhampton karena mereka punya 11 pemain Portugal di skuatnya, lima di antaranya dipanggil selama jeda internasional ini. Dari mulai kiper Rui Patricio, lalu Nelson Semedo, Joao Moutinho, Ruben Neves, dan Daniel Podence. Kelimanya adalah pemain inti yang bisa tidak tampil saat Wolves menghadapi Leeds United, Newcastle United, dan Crystal Palace.

Sementara itu, Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos mengungkapkan kalau Ronaldo cuma mau bermain di lapangan lagi. “Cristiano Ronaldo dibebaskan dari tugas Timnas setelah dinyatakan positif Covid-19, sehingga ia tidak akan menghadapi Swedia. Pemain internasional Portugis dalam kondisi baik, tanpa gejala, dan kini dalam isolasi,” tulis pernyataan Federasi Sepakbola Portugal Portugal.

“Menyusul kasus positif, pemain yang tersisa menjalani tes terbaru pada Selasa pagi ini. Semua hasilnya negatif, dan tersedia untuk tim Fernando Santos untuk latihan sore ini di City of Football.”

Tampaknya, ada sedikit rasa frustasi pada Cristiano Ronaldo. Santos mengungkapkan, kalau kapten Timnas Portugal itu ingin secepatnya kembali ke lapangan. “Cristiano Ronaldo cuma mau bermain bola. Dia ingin ke lapangan secepatnya, itu saja,” kata Fernando Santos.

Cristiano Ronaldo kini sedang melakukan isolasi mandiri. Pemain Juventus itu juga sudah cabut dari skuad utama Timnas Portugal. “Kehilangan Cristiano Ronaldo adalah kerugian besar bagi tim. Tapi, saya masih percaya dengan skuad yang ada,” tegas Fernando Santos. “Tidak ada tim yang lebih baik tanpa pemain terbaik di dunia. Tetapi tim ini telah menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk merespons secara kolektif,” lanjutnya.

Di klub tempat Ronaldo bermain saat ini, Juventus, sudah ada beberapa pemain yang positif Covid-19. Selain Ronaldo, salah satu yang pernah terjangkit virus Corona ada Paulo Dybala. Gara-gara pandemi virus Corona, sepakbola Eropa sempat lumpuh. Liga Italia pernah berhenti pada rentang Maret sampai pertengahan Juni 2020. Liga Prancis bahkan sampai dihentikan. ins