Badrut Tamam: Kacong-Cebing New Generation Menuju Pamekasan Hebat

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Setelah sukses menggelar Gerand Final Puta Putri Batik Pamekasan 2020, Jumat (9/10/2020) malam  Pemkab Pamekasan melanjutkan dengan Grand Final Pemilihan Kacong- Cebing (Kaceb) Pamekasan 2020, Sabtu (10/10/2020) malam lalu. Pemilihan juga dilakukan di tempat yang sama yakni di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.
Gelaran pemilihan Kaceb ini tetap menggunakan Protokol Covid 19. Yang diundang hanya para finalis, orang tua, anggota Forkopimda, pimpinan OPD terkait, pengusaha dan  pengamat budaya. Bupati Pamekasan Badrut Tamam yang tidak bisa hadir pada Grand Final Putra Putri Batik, bisa hadir dalam pemilihan Kacong-Cebing tersebut.
Pemilihan ini merupakan rangkaian rutin tahunan. Para pemenangnya akan menjadi duta Pamekasan dalam pemilihan Raka Raki Jatim hingga pemilihan di tingkat nasional. Terpilih menjadi Kacong Pamekasan tahun 2020 adalah Dinas Sapta Suprayogi dan Cebing Pamekasan 2020 adalah Arifatul Hasanah.
Bupati Badrut Tamam mengungkapkan pemilihan Kaceb ini merupakan event dimana anak muda diberi ruang menjadi yang terbaik, memiliki talent, bakat, integritas, kecerdasan dan wawasan kebudayaan, yang akhirnya memiliki komitmen mempromosikan Pamekasan ditingkat nasional hingga internasional.
“Komitmen itulah yang kemudian akan kita seleksi bersama. Cerdas, bahagia, senyum, riang gembira, memiliki kemampuan sumber daya bagus memiliki kemampuan berkomunikasi baik yang  menjadi harapan kita semua. Kenapa begitu karena generasi mendatang diharapkan bangsa ini adalah yang senantiasa memiliki integritas dan kapasitas cukup, memiliki komitmen mencintai kebudayaannya,” katanya.
Mencintai kebudayaan, lanjut Badrut Tamam, sama dengan mencintai Indonesia, mencintai Pamekasan dan mencintai diri sendiri. Karenanya dia berharap Grand Final Kaceb 2020 bisa melahirkan sumber daya baru berkomitmen mencintai kebudayaan, daerah, masyarakat serta bisa berfikir masa depan yang baik, makmur dan sejahtera.
“Generasi hebat masa depan generasi yang mampu bersaing. Siapa yang memiliki komitmen dan daya saing itulah yang akan menjadi generasi masa depan. Yang mau melakukan inovasi dan kreasi, memiliki integritas,  berkomitmen untuk senantiasa menjadikan local wisdom sebagi pondasi kepribadian. Itulah generasi masa depan kita,” ungkapnya.
Menyiapkan generasi hebat masa depan, kata Badrut Tamam,  juga jadi tanggungjawab para orang tua dan semua elemen bangsa. Karenanya ajang Pemilihan Kaceb ini adalah event yang luar biasa bagi semuanya. Untuk itu masyarakat harus beri ruang hadirnya atmosfir new generation untuk Pamekasan yang akan datang.
“Ayo bersama siapkan generasi yang membanggakan. Beri ketauladanan bagi kita semuanya beri ruang pantas untuk hidup maksimal, beri edukasi beri kesadaran serta toleransi. Beri anak-anak kita kesadaran memiliki daya saing yang tangguh, pondasi untuk komitmen saling menghormati saling bangga kepada yang lain, saling mau belajar, ” pungkasnya. (mas)
.