Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Virus Corona Renggut Nyawa Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Aryo Hanggono mengembuskan napas terakhir karena Covid-19, Senin (28/9/2020) pagi di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.

JAKARTA (global-news.co.id) – RI kembali berduka atas meninggalnya salah satu pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akibat terinfeksi virus corona. Adapun yang meninggal tersebut merupakan pejabat eselon satu di KKP, yakni Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Aryo Hanggono.
Aryo mengembuskan napas terakhir, Senin (28/9/2020) pagi tadi sekitar pukul 04.50 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat.
Aryo meninggal di usia 55 tahun setelah sekitar dua pekan berjuang melawan Covid-19. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pun mengungkapkan duka mendalam atas berpulangnya Aryo Hanggono. Baginya, Aryo tidak sekadar rekan kerja, tapi juga sahabat.
“Selamat jalan sahabat… Saya berduka dan amat kehilangan. Terima kasih atas pengabdian, pertemanan, dan sederet karya yang telah ditorehkan. Istirahatlah dengan tenang. Pengabdian dan perjuanganmu akan kami teruskan,” tulis Edhy di akun sosial medianya, Senin (28/9/2020).
Aryo Hanggono resmi menjabat Dirjen PRL sejak Maret 2020, setelah kurang lebih tiga bulan mengemban tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt).
Selama menjabat sebagai orang nomor satu di KKP, banyak kesan baik yang didapat Menteri Edhy dari sosok Aryo Hanggono.
Menurutnya, Aryo Hanggono pekerja keras, cerdas dan taat beribadah. Aryo juga rendah hati, dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan setiap tugas yang diemban. “Saya bersaksi, Pak Aryo Hanggono adalah orang baik, berdedikasi tinggi, religius, rendah hati, cerdas dan selalu total dalam bekerja. Bangsa ini khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan telah kehilangan salah satu orang terbaik. Orang yang mendedikasikan hidupnya untuk memikirkan tata kelola ruang laut Indonesia,” tutur Edhy.
Aryo Hanggono lahir di Bogor pada 23 Juli 1965. Dia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar hingga SMA di Bandung. Lalu melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Planologi pada tahun 1989. Bukan Aryo Hanggono namanya bila tidak mementingkan pendidikan. Dia lanjut studi di Universite de Paris X-Nanterre, Prancis jurusan Geografi. Kemudian mengambil gelar doktor di kampus serupa.
Aryo mulai menduduki posisi penting di KKP sejak tahun 2000. Jabatan pertamanya adalah Kepala Sub Direktorat Usaha Jasa Kelautan, Departemen Kelautan dan Perikanan. Karena berdedikasi tinggi, karirnya terus menanjak hingga akhirnya dilantik sebagai Dirjen PRL pada Maret 2020 oleh Menteri Edhy. Edhy berharap masyarakat ikut mendoakan Aryo. “Mohon doa tulus dari para sahabat semua, semoga Almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin…,” harap Edhy mengakhiri kalimatnya.
Sementara itu, sejumlah pegawai KKP memberikan penghormatan terakhir saat mobil jenazah yang membawa Aryo melintasi kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan pagi tadi. Jenazahnya dimakamkan di TPU Pondok Ranggon sekitar pukul 10.00  tadi. Aryo Hanggono meninggalkan seorang istri dan   3 orang anak. sin

baca juga :

BNI-Ciputra Golfpreneur Tournament 2023 Dorong Pegolf Indonesia untuk Lompat Lebih Tinggi ke Kancah Dunia

Redaksi Global News

Lawan Persita, Juru Gedor Persebaya Dituntut Cetak Gol

Redaksi Global News

Laba Bersih BTN Melonjak 23,89%

Redaksi Global News