Umumkan IUP dan Vokasi, ITS Total Terima 6.619 Mahasiswa Baru dari Lima Jalur

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST, MEng Sc

SURABAYA (global-news.co.id) –
Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) tahap ketiga dan Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah resmi diumumkan, Jumat (4/9) pukul 10.00 untuk IUP dan 15.00 untuk Vokasi.
Total ada 280 orang dari jalur IUP tahap ketiga dan 894 orang dari Program Vokasi Jalur Reguler dan Mandiri yang dinyatakan lolos ke ITS.
Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono ST, MEng Sc mengatakan, untuk jalur IUP ini ITS secara keseluruhan menerima total 392 mahasiswa baru dari 436 pendaftar. Jalur IUP ini sendiri membuka tiga gelombang (tahap) pendaftaran. ”Gelombang satu menerima 40 orang, gelombang dua 72 orang dan gelombang tiga 280 orang,” jelasnya, Sabtu (5/9/2020).
Dijelaskan Unggul, tahun ini pada jalur IUP terdapat tiga jurusan yang paling diminati dan menerima mahasiswa baru terbanyak, yakni Departemen Teknik dan Sistem Industri dengan 50 orang yang diterima, Departemen Teknik Informatika sejumlah 42 orang, dan Departemen Teknik Sipil sebanyak 38 orang.
Selanjutnya, untuk jalur Vokasi, Unggul menjelaskan bahwa total yang diterima pada jalur ini sejumlah 1.063 orang. Jalur Vokasi tahun ini menerima total 4.694 pendaftar dari delapan program studi sarjana terapan yang dibuka. “Untuk jalur vokasi ini ITS hanya menerima mahasiswa program studi sarjana terapan (D-4) sejak tahun 2019 lalu,” ujarnya.
Unggul menambahkan, hasil seleksi kemarin, Program Vokasi Jalur Reguler dan Mandiri menerima 894 orang. Sebelumnya pada tanggal 9 Juni 2020 jalur Vokasi sudah mengumumkan 169 orang yang lolos dari Program Vokasi Jalur Prestasi. “Di jalur ini terbagi dalam dua kelompok yakni Kelompok Prestasi SMK dan Kelompok Prestasi SMA/MA,” imbuhnya.Unggul mengutarakan bahwa untuk tahun 2020 ini terdapat tiga jurusan favorit pendaftar yakni Prodi Statistika Bisnis dengan 883 pendaftar, Prodi Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) sebanyak 756 pendaftar, dan Prodi Rekayasa Teknologi Instrumentasi dengan 746 pendaftar. Sedang penerima mahasiswa baru terbanyak ada pada Prodi Statistika Bisnis sebanyak 142 orang, Prodi Rekayasa Teknologi Instrumentasi sejumlah 135 orang, dan Prodi Teknik Sipil (Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil) dengan 94 orang. “Untuk total masing-masing prodi di jalur Vokasi ini ITS memberi tambahan kuota 30 persen dari daya tampung yang sudah diberikan, mengingat banyaknya pendaftar jalur Vokasi ini,” ungkapnya.
Dosen Departemen Teknik Mesin ITS ini juga memaparkan bahwa dengan diumumkannya dua jalur terakhir tersebut, ITS telah menerima total 6.619 mahasiswa baru dari lima jalur yang sudah disediakan. Dengan rincian dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 988 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 1.616 orang, Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM) 2.560 orang, IUP 392 orang, dan Vokasi 1.063 orang. Sehingga lengkap sudah penerimaan mahasiswa baru ITS tahun 2020 dan tiap Departemen telah mendapatkan mahasiswanya.
Unggul berharap, semua mahasiswa baru yang diterima di ITS mampu memanfaatkan dengan maksimal kesempatan untuk berkuliah di Kampus Pahlawan ini. “Harapannya, pendaftar yang diterima di ITS dari semua jalur yang telah disediakan bisa belajar dengan baik di ITS dan menyelesaikan program studi yang dipilih tepat waktu,” pungkasnya penuh harap. tri