Tingkatkan Pembangunan Daerah, ITS Kerjasama dengan Pemkab Tulungagung

 

Seluruh peserta MoU antara ITS dan Pemkab Tulungagung yang dilaksanakan secara daring.

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam upaya meningkatkan potensi daerah di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS) terus memperluas kerjasamanya sampai ke sejumlah daerah. Kali ini, ITS menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung  terkait pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pengembangan kualitas Sumber  Daya Manusia (SDM), Kamis (24/9/2020).
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng yang menyambut baik kerja sama ini  menyebutkan, banyak sekali yang bisa dilakukan ITS untuk meningkatkan pembangunan daerah  di Kabupaten Tulungagung. Seperti, pengadaan energi alternatif di wilayah yang jauh dari  perkotaan, pengembangan tata letak perkotaan berbasis smart city dan lain sebagainya.
Pada kesepakatan bersama yang berlangsung dalam jangka waktu lima tahun tersebut, rektor  yang kerap disapa Ashari ini juga berharap kerja sama dapat melebar di berbagai bidang. Melalui
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS, banyak program pengabdian  masyarakat (abmas) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia. “Semoga dengan kerjasama ini bisa membawa manfaat  bagi kedua pihak,” ungkapnya.
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang juga menandatangani langsung kerja sama ini  mengakui, telah ada beberapa dinas di lingkungannya yang bekerjasama dengan ITS. Salah  satunya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tulungagung yang bekerjasama dalam pembuatan data indeks pembangunan manusia.
Selain hal itu, Maryoto juga mengharapkan kepada dinas-dinas yang ada di Kabupaten Tulungagung dapat bekerjasama dengan ITS dengan baik. Khususnya yang termasuk dalam
ruang lingkup kerjasama ini, meliputi pengkajian kebijakan dan hukum, pengkajian dan  penerapan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas SDM, pengkajian dan penerapan teknologi rancang bangun dan rekayasa, pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material, pengembangan manajemen, perencanaan, pengelolaan keuangan  dan aset daerah, bidang-bidang lain yang dianggap perlu untuk dikerjasamakan.
Melalui pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut, Maryoto menyatakan jika kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya di era globalisasi yang membuat dunia semakin  dinamis. “Semoga dengan konsep yang telah kami tawarkan ini dapat menghasilkan kolaborasi dengan kerja positif,” pungkasnya. tri