Tak PHK 11 Ribu Pegawai Selama Pandemi, Disnakertrans Provinsi Jatim Apresiasi Pelindo III

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo dalam acara pembinaan pegawai oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur bersama dengan seluruh pengelola pelayanan SDM Pelindo III group di Kantor Pusat Pelindo III, Jumat (4/9/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi yang tinggi kepada perusahaan operator jasa kepelabuhanan milik negara, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.
Apresiasi tersebut diberikan atas kontribusi secara ekonomi yang lakukan oleh Pelindo III kepada negara khususnya Jawa Timur dengan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja kepada pegawainya selama pandemi COVID-19 berlangsung.
Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo dalam acara pembinaan pegawai oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur bersama dengan seluruh pengelola pelayanan SDM Pelindo III group mulai dari unit kerja regional, anak hingga cucu perusahaan di Kantor Pusat Pelindo III, Jumat (4/9/2020) secara daring.
Himawan menyampaikan komitmen Pelindo III untuk tidak melakukan PHK kepada pegawainya yang berjumlah hampir 11 ribu orang sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia secara tidak langsung telah membantu pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi.
“Saya sengaja datang kesini di tengah wabah pandemi yang melanda selain untuk menyambung tali silaturahim yang telah terjalin baik selama ini,  juga untuk memberikan apresiasi pada Pelindo III atas kontribusinya dengan tidak melakukan PHK pada pegawainya selama pandemi ini berlangsung. Itu sangat membantu pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi,” kata Kadisnakertras Provinsi Jatim Dr Himawan Estu Bagijo, Jumat (4/9/2020).
Sementara itu Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto dalam sambutannya mengatakan pihaknya terus berkomitmen membantu pemerintah dalam hal penanganan dan pemulihan COVID-19 di Indonesia. Tidak hanya melalui berbagai kemudahan strategi bisnis yang dilakukan Pelindo III kepada pengguna jasanya namun juga kepada 11 ribu pegawainya dengan tidak melakukan PHK dalam masa pandemi. Ini merupakan wujud implementasi Pelindo III pada core value BUMN AKHLAK yaitu amanah dengan turut serta menjaga kestabilan ekonomi.
“Sebagai perusahaan milik negara, Pelindo III berkomitmen terus mendukung pemerintah dalam rangka upaya pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi ini. Tidak hanya di bidang strategi bisnis yang kami rancang untuk kemudahan para pengguna jasa kami, namun juga komitmen untuk tetap memberikan hak semaksimal mungkin kepada para pegawai kami selama pandemi dengan tidak melakukan mekanisme PHK. Semoga ini bisa membantu pemerintah dalam menstabilkan perekonomian nasional,” kata Edi.
Tak hanya memberikan apresiasi atas kinerja Pelindo III di bidang pengelolaan SDM dan ketenagakerjaan, Disnakertrans Provinsi Jatim juga menyampaikan berbagai bimbingan dalam hal hubungan perusahaan dan tenaga kerja atau hubungan industrial hingga keselamatan kerja bagi para pegawainya. Rencananya kegiatan ini akan terus digelar untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam hal pengelolaan sumber daya manusia.  tis