Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Video

Rayakan Lustrum XII, ITS Lepas 1.100 Pelari dan Pesepeda Beradu secara Virtual

Flag-off oleh Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT untuk melepas peserta ITS 60 Virtual Race di depan gedung Rektorat ITS, Minggu (20/9/2020) pagi.

SURABAYA (global-news.co.id) –Menyemarakkan parade Lustrum XII atau Dies Natalis ke-60 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ITS hadirkan kompetisi inovatif bertajuk ITS 60 Virtual Race yang melombakan lari dan bersepeda secara virtual.
Sebanyak 1.100 peserta yang turut berpartisipasi secara online pun dilepas secara resmi melalui flag-off oleh Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT dari depan gedung Rektorat ITS, Minggu (20/9/2020) pagi.
Ini merupakan kali pertamanya bagi ITS menggelar kompetisi race secara virtual,
diakibatkan pandemi Covid-19 saat ini. Bagi sebagian peserta pun, ini juga pengalaman anyar untuk saling berpacu dari rumah maupun lokasi asal mereka masing-masing.
Dalam sambutannya secara daring sebelum flag-off, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyampaikan bahwa perhelatan akbar ini merupakan kelanjutan dari agenda rutin dies natalis ITS tiap tahunnya, “Karena masih berada dalam suasana new normal, maka kegiatan lari dan bersepeda tahun ini diadakan secara virtual,” papar rektor yang
akrab disapa Ashari tersebut.
Sejak pendaftaran dibuka mulai 10 September lalu hingga 20 September ini, tercatat 1.100 peserta telah bergabung dalam kompetisi ini. Dengan rincian 605 pelari dan 495 pesepeda.
Dilaksanakan secara mandiri melalui daring, ITS 60 Virtual Race dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, bukan hanya lingkungan sivitas akademika ITS. “Kegiatan ini juga diikuti peserta dari mancanegara secara virtual yakni dari Amerika Serikat, UK, Australia, Korea,
Jepang dan negara lainnya,” ungkap Ashari.
Secara garis besar, ITS 60 Virtual Race akan terbagi dalam dua kategori. Yakni berlari dengan jarak 60 kilometer, dan bersepeda dengan jarak 600 kilometer yang dilaksanakan dalam rentang waktu enam minggu dimulai secara serentak pada 20 September sampai dengan 1 November 2020.
Ketua Pelaksana Lustrum XII ITS, Dr Eng Trika Pitana ST MSc menuturkan, pemilihan jarak dan durasi ini bukan tanpa alasan. Namun penggunaan angka enam bermakna sebagai 60 tahun hari jadi ITS. “Untuk menyemarakkan kegiatan ini, kami juga menyediakan aneka doorprize menarik dan hadiah total senilai Rp 30 juta,” imbuhnya.
Trika melanjutkan, akan diambil masing-masing tiga pemenang dari tiap kategori bagi para peserta yang menempuh jarak paling jauh. “Jarak tempuh 60 kilometer bagi pelari dan 600 kilometer bagi pesepeda adalah jarak minimum untuk mengklaim trofi penamat. Peserta
dapat berlari dan bersepeda lebih jauh dari jarak yang kami tetapkan,” jelas dosen
Departemen Teknik Sistem Perkapalan itu.
Untuk teknis pelaksanaannya sendiri, peserta dapat berlari maupun bersepeda dari kota maupun wilayah asal mereka masing-masing dengan menggunakan aplikasi STRAVA sebagai pelacak jarak tempuh mereka. “Tidak lupa, peserta juga harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” tegas Trika.
Melalui kegiatan ini, ITS berharap dapat menjaring 3.000 penggemar olahraga lari dan bersepeda di Indonesia dan negara lainnya untuk bergerak sehat bersama ITS. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, pendaftaran ITS 60 Virtual Race masih akan dibuka hingga tanggal 30 September 2020. “Untuk mendaftar, calon peserta dapat mengakses laman www.its60virtualrace.com,” tutup lelaki asal Blora tersebut. tri

baca juga :

‘Batharakala’ dan ‘Triton’ Target Tiga Besar di Fukuoka

Dewan Pengawas KPK Keluarkan Izin Penggeledahan Kasus Bupati Sidoarjo

Redaksi Global News

Bantu Atasi Pengangguran, Walikota Surabaya Ajak Cipayung Plus Ikut Membantu

Redaksi Global News