Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Pembangunan Tol KLBM Tuntas, Sekarang Gresik-Sidoarjo Lancar

Proses pembangunan seksi 2-3 Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) yang terbentang mulai dari Kabupaten Sidoarjo hingga Kabupaten Gresik beberapa waktu lalu. Pembangunannya telah tuntas akhir Agustus 2020.

JAKARTA (global-news.co.id) — PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah menyelesaikan pembangunan seksi 2-3 Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) yang terbentang mulai dari Kabupaten Sidoarjo hingga Kabupaten Gresik pada akhir Agustus 2020. Pembangunan itu merupakan dukungan perseroan terhadap proyek strategis nasional pemerintah.
Jalan Tol KLBM yang terbentang sepanjang 38,3 km itu terbagi menjadi empat seksi. Seksi 1 dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan Seksi 2-4 sepanjang 18,6 km dikerjakan oleh WSBP. WSBP berperan sebagai pemasok produk sekaligus kontraktor dengan nilai kontrak sesuai dengan addendum sekitar Rp 3,89 triliun.
Direktur Pemasaran WSBP Agus Wantoro mengutarakan, pembangunan infrastruktur jalan tol ini ditujukkan untuk memudahkan dan mempercepat proses transportasi, proses pengiriman logistik dari satu daerah ke daerah lainnya, dan meningkatkan kapasitas jaringan jalan. Kebutuhan terhadap prasarana jalan ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan pertumbuhan ekonomi.
“Proyek jalan tol KLBM merupakan salah satu PSN untuk mempercepat akses transportasi dan mempersingkat waktu pengiriman logistik yang selama ini terkendala oleh kepadatan kendaraan di daerah Legundi Gresik,” ujar Agus dalam siaran pers, Jakarta, Senin (7/9/2020).
Dalam proses pengerjaannya, Waskita Precast yang merupakan anak BUMN konstruksi Waskita Karya itu melakukan inovasi pada proses pelaksanaan pekerjaan erection girder non standar. Inovasi itu membuat stiffener sayap yang berfungsi sebagai pengkaku girder non standard, terutama yang memiliki panjang 50,8 meter, untuk mengurangi atau menghilangkan momen lateral saat diangkat ketika erection, sehingga terjamin keamanannya. jef, tri, ndo

baca juga :

Liga 1: Bajul Ijo Rekrut Pemain Jebolan Liga Korsel

Redaksi Global News

Semarakkan HJKS, Pemkot Surabaya Geber PHBS dan Sekolah Ramah Anak

2030, SKK Migas Targetkan Produksi Minyak 1 Juta Bph