PDIP Sudah Umumkan Calon di 18 Daerah, Tinggal Pacitan

Pengumuman pasangan calon PDIP gelombang tahap kelima dilakukan, Rabu (2/9/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – PDIP sudah mengumumkan bakal pasangan calon kepala daerah yang akan melenggang di Pilkada serentak 9 Desember 2020. Pengumuman pasangan calon gelombang tahap kelima dilakukan, Rabu (2/9/2020).  Khusus untuk Jatim, hingga kini PDIP sudah mengumumkan calonnya di 18 daerah.

Tidak hanya Kota Surabaya dengan calon Eri Cahyadi-Armuji, Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga mengumumkan nama pasangan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik untuk Pilkada Sidoarjo, Abdussalam-Ifan Ariadna untuk Pilkada Jember, dan Karna Suswandi-Khoirani pada Pilkada Situbondo.

“Untuk Surabaya, PDI Perjuangan mengusung Eri Cahyadi-Armuji. Merdeka!” ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di sela pengumuman tahap kelima calon kepala daerah melalui konferensi video, Rabu (2/9/2020).

Dengan pengumuman ini, total sudah 18 Pilkada dari 19 Pilkada di Jatim yang diumumkan oleh PDI Perjuangan. Satu kabupaten, yakni Pacitan belum diumumkan. Berdasarkan informasi akan menyusul penyerahan rekomendasinya.

Pengumuman untuk calon kepala daerah Kota Surabaya dilakukan paling akhir, kemudian dilanjutkan pengarahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pengumuman tahap kelima calon kepala daerah diikuti Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi beserta sejumlah pengurus partai.

Hadir perwakilan dari pusat, yakni Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP Tri Rismaharini dan anggota DPR RI Dapil Surabaya Puti Guntur Soekarno.

Sebelum pengumuman, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan partainya solid bergerak dan bergotong royong untuk memenangkan pasangan calon pada Pilkada Surabaya 2020.

Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (2/9/2020), mengatakan PDI Perjuangan (PDIP) memberikan perhatian terhadap Pilkada Surabaya dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Timur, mengingat kontribusi suara yang signifikan dalam memenangkan Pemilu 2019. “Hasil Pemilu 2019 di Jawa Timur menjadi modal bagi PDIP menghadapi sejumlah pilkada di wilayah Jawa Timur. Intinya semua bergerak memenangkan paslon. Semangat ini juga ditanamkan di seluruh Pilkada Serentak 2020,” ujar Hasto.

Meskipun akhir-akhir ini ada upaya yang terkesan mengeroyok PDIP, namun pihaknya memiliki keyakinan masyarakat Surabaya mengapresiasi kerja dan program nyata yang telah dilaksanakan Bambang DH yang kemudian diteruskan Tri Rismaharini dan akan dilanjutkan oleh paslon yang diputuskan hari ini.

Hasto mengatakan paslon yang akan diumumkan untuk Pilkada  Surabaya memang dinantikan. Apalagi, PDIP selama 20 tahun berhasil mendudukkan kadernya untuk memimpin Kota Pahlawan tersebut. “PDIP selalu melihat momentum. Dipandu oleh kesabaran revolusioner dalam mempertimbangkan calon terbaik, maka momentum tersebut telah tiba. Segala sesuatunya diputuskan melalui sebuah proses dan diumumkan secara khusus sesuai protokol partai,” katanya.

Menurut dia, PDIP juga mempertimbangkan adanya “element of surprise” yang menyatukan kehendak rakyat di dalam pengambilan keputusan politik. Paslon yang akan diusung partai adalah calon mumpuni, dan partai yang siap bekerjasama dengan seluruh kekuatan politik guna menjaga kesinambungan kemajuan di Kota Surabaya. dja, pur, cty

 Berikut nama pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan di 19 Pilkada 2020 di Jatim:

Kota Surabaya: Eri Cahyadi-Armuji

Kabupaten Sidoarjo: Kelana Aprilianto-Dwi Astutik

Kabupaten Jember: Abdussalam-Ifan Ariadna

Kabupaten Situbondo: Karna Suswandi-Khoirani

Kabupaten Pacitan: –

Kabupaten Ngawi: Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko

Kabupaten Malang: Sanusi-Didik Gatot Subroto

Kabupaten Sumenep: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah

Kabupaten Trenggalek: M. Nur Arifin-Syah Natanegara

Kota Pasuruan: Raharto Teno-M. Hasjim Ashari

Kabupaten Kediri:Hanindhito Pramono-Dewi Maria Ulfa

Kabupaten Blitar: Rijanto-Marhaenis

Kota Blitar: Santoso-Tjutjuk Sunaryo

Kabupaten Mojokerto: Pungkasiadi-Titik Masudah

Kabupaten Tuban: Setiajit-Armaya Mangkunegara

Kabupaten Gresik: Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah

Kabupaten Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani-Sugirah

Kabupaten Ponorogo: Sugiri Sancoko-Lisdyarita

Kabupaten Lamongan: Kartika Hidayati-Sa’im