PDIP Beri Rekomendasi Eri Cahyadi dan Armuji Maju di Pilkada Surabaya 2020

Eri Cahyadi (kanan) dan Armuji mengantongi rekomendasi PDIP untuk maju Pilkada Surabaya.

 

SURABAYA (global-news.co.id) – DPP PDI Perjuangan mengumumkan rekomendasi secara virtual kepada sejumlah pasangan bakal calon kepada daerah, termasuk Jatim, khususnya Pilkada Surabaya, Rabu (2/9/2020).

Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani membacakan sejumlah pasangan bakal calon kepala daerah di Jatim, khususnya Surabaya.  “Apa kabar Pak Kusnadi, ini ada banyak pengumuman di Jatim. Jatim harus siap ini. Tolong yang di Jatim semuanya berdiri. Terkait dengan Kota Surabaya, surat yang kami pegang belum kami buka dan segera bisa melakukan konsolidasi,” ucap Puan menyapa Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi yang hadir di kantor DPD PDIP Jatim.

Puan mengatakan, untuk amplop yang berisi nama yang direkomendasi akan segera  diumumkan.  Atas izin Ketua Umum amplop tertutup itu selanjutnya dibuka oleh Puan.  “Rekomendasi Kota Surabaya diberikan kepada  Eri Cahyadi dan Armuji. Semoga semua kader bisa memenangkan Surabaya,” ucap Puan.

Eri Cahyadi diplot untuk menggantikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang segera habis masa jabatannya.  Eri Cahyadi merupakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. Sementara Armuji pernah menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya.

Pasangan Eri-Armuji mengalahkan sejumlah nama lain yang sempat muncul dalam bursa calon kepala daerah yang akan diusung PDIP di Pilkada Surabaya. Mereka adalah Whisnu Sakti Buana dan Puti Guntur Soekarno. Puti Guntur Soekarno, keponakan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Nama Puti muncul usai surat rekomendasi dari DPP PDIP beredar di media sosial.

Dalam surat tertanggal 31 Agustus yang beredar, Puti dipasangkan dengan Lilik Arijanto. Namun, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari membantah surat rekomendasi tersebut. Ia bahkan menyebut surat itu palsu.

Sebelumnya, PDIP juga telah mengumumkan daftar calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020. Misalnya, Gibran Rakabuming Raka yang diusung menjadi calon Walikota Solo. Dia akan berpasangan dengan Teguh Prakosa.

PDIP juga memberikan rekomendasi kepada ponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusmo di Pilwali Tangerang Selatan, Banten. Rahayu Saraswati akan menjadi calon Wakil Walikota mendampingi Muhamad. pur, cty, tri