HILMA Minta Polres Usut Kasus AUMA-KCM dengan Adil 

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Setelah melakukan audiensi dengan Bupati Pamekasan Badrut Tamam, terkait dengan dukungannya agar Pemkab Pamekasan bekerja akseleratif dalam pembangunan, Himpunan Lora Madura (Hilma) juga melakukan audiensi dengan Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar SIK MM, Rabu (2/9/2020).
Audiensi dengan Kapolres yang baru belum genap sebulan menjadi pimpinan Polres Pamekasan itu bertujuan untuk menyampaikan keprihatinan dan usulan pemikiran atas kasus perseteruan antara Aliansi Ulama Madura (AUMA) dengan Pemilik Gedung Bioskop Kota Cinema Mall (KCM) Pamekasan. Hilma khawatir kasus itu akan merembet ke berbagai persoalan lain yang mengakibatkan terjadinya gesekan di masyarakat.
Sekedar diketahui AUMA menggugat manajemen KCM dan sejumlah pejabat terkait di Pemkab Pamekasan soal dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan managamen KCM saat pengajuan perizinan ke Pemkab Pamekasan. Diduga kuat manajemen KCM mencatut atau melampirkan foto tokoh sepuh AUMA dalam berkas pengajuan izin, sebagai penguat seakan para tokoh mendukung pendirian KCM.
Para anggota dan pengurus Hilma dipimpin oleh Ketuanya Lora Jakfar Sodiq dan diterima langsung oleh Kapolres AKBP Apip Ginajar SIK MM, di ruang Pertemuan Mapolres Pamekasan.  Dalam dialog dengan Kapolres Pamekasan itu, juru bicara Hilma mengungkapkan berbagai permintaan. Di antaranya Hilma meminta agar Polres melaksanakan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku dengan se adil-adilnya dan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas kepolisian.
Hilma juga meminta agar pihak Polres Pamekasan mengupayakan mediasi antara AUM dan KCM untuk mengambil keputusan atau kesepakatan diantara keduanya, agar kasus ini bisa selesai secara kekeluargaan atau jalan damai bila kedua belah pihak sama-sama sepakat.
Terkait dengan hal itu, Hilma bersedia menjadi mitra pihak kepolisian dalam mengupayakan atau menemukan solusi terbaik untuk kedua belah pihak,  dan untuk kebaikan bersama bagi masyarakat umum di Pamekasan, baik untuk kepentingan keberlangsungan hubungan masa sekarang maupun yang akan datang.
Kapolres AKBP Apip Ginanjar menyambut baik masukan dari masyarakat khususnya Hilma dan siap mengawal proses hukum kasus AUMA versus KCM  secara professional. Dia juga berharap dukungan dan partisipasi seluruh tokoh di Pamekasan, untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas.
Sebagai pejabat baru di Polres Pamekasan, Apip Ginanjar mengaku sangat senang dan berterima kasih atas silaturrahmi atau audiensi Hilma dengan dirinya. Langkah itu dinilainya  merupakan penyemangat untuk dapat bekerja secara maksimal dan professional.
“Kami menyampaikan terimakasih kepada pada lora yang tergabung dalam Hilma atas silaturahminya yang dilakukan dengan kami. Silaturrahami ini akan menjadi penyemangat bagi jajaran kepolisian Polres Pamekasan untuk bekerja dengan professional,” ujarnya. (mas)
Tag: