Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Gubernur Khofifah Serahkan Piala Paritrana ke Pelindo III

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan Paritrana Award 2019 ke Pelindo III di Gedung Negara Grahadi, Selasa (8/9/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) –  Komitmen Pelindo III dalam memenuhi jaminan sosial bagi seluruh karyawan beserta anak perusahaannya berbuah manis. Sebelumnya, Pelindo III menjadi satu-satunya BUMN yang menerima penghargaan sekaligus mendapatkan juara 1 Paritrana Award.

Di tengah acara penyerahan bantuan subsidi upah kepada para perwakilan pekerja di Gedung Negara Grahadi dan memberikan BSU gelombang kedua untuk pekerja Jatim secara simbolis, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyerahkan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan Paritrana Award 2019.

Gelaran Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award, merupakan apresiasi untuk pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta mendukung pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Melalui penghargaan Paritrana Award ini diharapkan semakin memperluas pemberian perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (8/9/2020).

Dijelaskan Khofifah jaminan sosial ketenagakerjaan memiliki arti penting dalam meningkatkan kesejahteraan para pekerja. Oleh karena itu negara telah menyusun landasan kebijakannya dengan pembentukan Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional serta UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Yang membanggakan Penghargaan Paritrana Award 2019 untuk kategori perusahaan besar diraih Pelindo III, kami memberikan apresiasi kepada Pelindo III yang meraih predikat juara pertama kategori perusahaan skala besar,” imbuhnya.

Sementara itu Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kesungguhan Pelindo III dalam menggelar jaminan sosial bagi pegawainya. Hal tersebut menjadikan Pelindo III sebagai Ambassador kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia.  “Ini menjadikan Pelindo III sebagai ambasador kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia,” ujar Dodo.

Pelindo III, kata dia, layak menerima penghargaan tersebut karena memenuhi beberapa indikator penilaian. Di antaranya berupa kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pegawai dan mitra kerja sebagai syarat kerjasama, hingga penyediaan trauma center bagi pegawai dan beberapa penilaian lainnya.

Merespon diterimanya penghargaan Paritrana Award untuk Pelindo III, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto menilai raihan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi core value BUMN yaitu amanah dengan memastikan memberikan pelayanan terbaik tidak hanya pada para karyawannya, namun hingga mitra bisnis melalui jaminan sosial ketenagakerjaan.  Raihan ini sekaligus wujud loyalitas kepada negara dalam rangka untuk mendukung program pemerintah khususnya di bidang ketenagakerjaan.  Pelindo III  selama ini secara konsisten dan bersungguh-sungguh menerapkan jaminan sosial untuk seluruh karyawan, mitra bisnis seperti vendor dan kontraktor pekerjaan yang melakukan aktivitas kerja di Pelindo III Grup.

“Pelindo III mewajibkan seluruh mitra kerjanya mengikuti program jaminan sosial sebagai syarat wajib melaksanakan kerjasama. Kesungguhan Pelindo III melaksanakan program tersebut, maka penghargaan Paritrana Award yang diterima merupakan bonus dari kesungguhan tersebut,” tutup Edi.

Sebelumnya secara daring, Pelindo III menjadi satu-satunya perusahaan BUMN yang menerima penghargaan tersebut mengalahkan 660 ribu perusahaan skala menengah dan besar. Penghargaan tersebut diumumkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer dan diikuti oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menko PMK Muhajir Effendy, Rabu (12/8/2020). tis

baca juga :

19 Mei: Corona Jatim 2.372 Kasus, Khofifah Sebut Imbas Tes Masif

Redaksi Global News

Warga Jember Syukuran Rayakan Sanksi Terhadap Bupati Faida

Redaksi Global News

Longsor Susulan Terjadi di Arjosari Pacitan, Akses Jalan Tertutup

Redaksi Global News