Dispendukcapil Blitar, Segera Terapkan Layanan Adminduk di Kantor Desa

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati

BLITAR (global-news.co.id) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Blitar kembali membuat inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). Untuk memangkas mobilitas warga, dalam waktu dekat layanan Adminduk bisa diakses di kantor desa.
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati mengungkapkan pelayanan Adminduk di kantor desa dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Corona. Rencananya inovasi yang diberi nama Layanan Empat Jari akan di-launching pekan depan oleh Bupati Blitar Rijanto di Desa  Sanankulon, Kecamata Sanankulon.
“Untuk awal, layanan ini akan diterapkan di dua desa. Salah satunya akan diterapkan di Desa Sanankulon. Akan ada dua desa untuk awal. Selanjutnya dua desa itu akan jadi percontohan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Blitar. Target kami paling tidak nanti ada satu desa yang menerapkan Layanan Empat Jari di setiap kecamatan,” ungkap Luhur Sejati, Kamis (10/9/2020).
Dikatakannya, dengan menggunakan metode ini nantinya masyarakat dapat mengurus layanan Adminduk di kantor desa masing-masing secara hemat waktu dan gratis. Pengurusan Akta Lahir, Akta Kematian, KK dan KTP bisa dilakukan di kantor desa yang dekat dengan rumah warga selaku pemohon.
“Terobosan Salam Empat Jari ini akan memangkas mobilitas masyarakat dalam pengurusan adminduk. Dengan inovasi ini kami mendorong pelayanan Adminduk di Kabupaten Blitar semakin mudah dan cepat terutama ketika menjangkau di seluruh pelosok,” pungkasnya. tut