Banjir Kiriman, Sejumlah Ruas di Jakarta Tergenang

Istimewa
Sejumlah ruas jalan di Jakarta tergenang hingga Selasa (22/9/2020) pagi.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Banjir kiriman dari daerah Bogor dan sekitarnya membuat debit air di Sungai Ciliwung meningkat. Akibatnya, sejumlah wilayah di Jakarta kena dampak banjir. “Ada 23 jalan tergenang di DKI Jakarta berdasarkan data terbaru kami,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Mohammad Insaf, Selasa (22/9/2020) pagi.

Mohammad Insaf mengatakan, saat ini ada lima lokasi pengungsian akibat banjir kiriman dari Bogor. Lokasi pengungsian berada di Musala Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, PT Delta Laras Wisata, RW07 Kel Rawajati, Puskesmas Rawajati 2, RW07 Kel Rawajati, Halaman Rumah Dinas RW07 Kel Rawajati, dan Rusunawa Pengadegan, Kelurahan Pengadegan. “Total warga yang mengungsi sebanyak 104 jiwa,” kata Insaf.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada petang hari nanti.  “Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari,” demikian peringatan dini cuaca Jakarta di laman resmi BMKG, Selasa (22/9/2020).

Pada Selasa siang, cuaca Jakarta diprediksi hujan ringan untuk wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Untuk wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara siang ini diperkirakan berawan, sedangkan Kepulauan Seribu cerah berawan.

Masuk ke malam hari, hujan ringan berpotensi mengguyur Jakarta Barat dan Jakarta selatan. Wilayah lain di DKI Jakarta diprediksi berawan, kecuali Kepulauan Seribu cerah berawan. Suhu udara hari ini diperkirakan berada di kisaran 23 hingga 34 Celsius. Kelembapan udara berada di kisaran 65-95 persen.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca berupa potensi hujan disertai kilat/petir pada siang hingga malam hari untuk wilayah Bodetabek, seperti Kota Bogor dan Kota Depok.

Bekasi diprediksi cerah berawan hingga tengah hari dan baru akan hujan pada Selasa siang hingga sore. Cuaca diprediksi akan kembali berawan pada malam hari. Menurut prakiraan cuaca BMKG, Tangerang diprediksi akan berawan hingga sore. Hujan berdurasi singkat berpotensi terjadi pada malam hari. dja,sin, ins

Jumlah RT yang tergenang di Jakarta ada 63 RT (0,21 %), antara lain:

-Jakarta Barat terdapat 14 RT dengan ketinggian 10 s/d 80 cm

– Jakarta Selatan terdapat 10 RT dengan ketinggian 10 s/d 40 cm

– Jakarta Timur terdapat 37 RT dengan ketinggian 10 s/d 100 cm

– Jakarta Utara terdapat 1 RT dengan ketinggian 20 s/d 50 cm

– Jakarta Pusat terdapat 1 RT dengan ketinggian 20 cm