18 Pegawai Kantor Cabang BRI Blitar Terpapar Covid-19

 18 pegawai Kantor Cabang BRI Blitar dilaporkan  positif Covid-19. Kondisi itu menyebabkan sebagian besar pegawai harus Work From Home (WFH).

BLITAR (global-news.co.id) – Klaster  perkantoran penyebaran Covid-19 di Blitar menyasar kalangan perbankan.  Sebanyak 18 pegawai Kantor Cabang BRI Blitar dilaporkan  positif Covid-19.
Kondisi itu menyebabkan sebagian besar pegawai harus Work From Home (WFH). Untuk memperlancar pelayanan, BRI untuk sementara mengalihkan pelayanan ke kantor unit.
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengungkapkan, total ada 18 pegawai BRI Cabang Blitar yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdiri dari warga Kota Blitar, warga Kabupaten Blitar dan warga dari luar Blitar Raya.
“Pasien positif, yang dari Kota Blitar ada 10 orang. Untuk total seluruhnya ada 23 orang dari kluster BRI. Rincianya 18 orang merupakan pegawai BRI dan lima orang merupakan keluarga pegawai,” terang Hakim, Senin (14/9/2020).
Dijelaskannya, seluruh pasien positif saat ini telah menjalani isolasi. Mereka diisolasi diantaranya di rumah sakit, rumah isolasi milik Pemkot Blitar.
“Mereka diisolasi di tempat yang berbeda-beda. Untuk rumah sakit, mereka ada yang diisolasi di rumah sakit milik Pemkot Blitar. Juga ada yang diisolasi di rumah sakit di Kabupaten Blitar dan Malang,” terangnya.
Hakim melanjutkan, klaster Kantor Cabang BRI Blitar bermula dari salah satu pegawai yang dinyatakan positif Covid-19. Gugus Tugas kemudian melakukan tracing kepada pegawai dan keluarga pegawai. Selanjutnya sebanyak 110 orang dilakukan swab test dan hasilnya ditemukan 23 orang yang positif Covid-19.
“Swab test kami lakukan sebanyak tiga kali. Untuk swab test yang ketiga hasilnya belum keluar. Bagi pegawai yang hasil tes swab belum keluar kami minta isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.
Dikonfirmasi terpisah, Pemimpin Cabang BRI Blitar Anis Abdul Hakim mengatakan, kondisi ini tidak mempengaruhi pelayanan di BRI Blitar. Pihaknya memastikan operasional Kantor Cabang BRI yang terletak di Jalan A Yani Kota Blitar itu tetap berjalan normal seperti biasa.
Bedanya, Kantor Cabang BRI Blitar hanya menyediakan dua teller dan dua costumer service. Mereka melayani nasabah yang tidak bisa dilayani di kantor unit.
“Pelayanan tetap normal meski sebagaian besar pegawai WFH. Memang hanya ada dua teller dan dua CS. Mereka melayani nasabah yang tidak bisa dilayani di Kantor Unit. Kantor unit kami jumlahnya ada 35. Nah, nasabah yang sebenarnya bisa ke BRI Unit namun terlanjur datang ke sini, kami sediakan kendaraan untuk mengantar ke BRI Unit terdekat. Utamanya nasabah yang tidak bawa kendaraan pribadi,” paparnya.
Lebih lanjut, Anis menyampaikan, meski tidak menjalankan lockdown namun pihaknya tetap menjalankan petunjuk Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar untuk menerapkan WFH bagi pegawai.
Pihaknya juga telah melalukan sterilisasi sejak Jumat-Minggu dibantu BPBD dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Blitar. “Kita jalankan arahan dan petunjuk dari Gugus Tugas. Dan kantor kita sudah lakukan sterilisasi mulai Jumat dibantu BPBD dan Gugus Tugas Covid-19,” pungkasnya. tut