Warga Senang, Program Perbaikan 500 RTLH Mulai Dilaksanakan  

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni  (RTLH) di Pamekasan tahun anggaran 2020 sudah mulai digarap. Pada tahun anggaran 2020 ini Pemkab Pamekasan menganggarkan untuk pembangunan perbaikan RTLH sebanyak 500 unit yang diberikan kepada warga masyarakat yang tidak mampu.
Program yang dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman ini benar benar menjadi harapan yang membanggakan bagi masyarakat yang menerimanya. Salah seorang penerima program ini adalah Jumaati, janda tua di Desa Murtajih Kecamatan Pademawu.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Maharram, Kamis (13/8/2020) kemarin meninjau pelaksanaan pembangunan rumah milik Jumaati tersebut. Selain diterima oleh Jumaati dia juga didampingi  oleh Kepala Desa Murtajih Endang Suciati.
Muharram mengatakan program perbaikan bagi RTLH yang direncanakan sebanyak 500 unit tersebut saat ini sudah dalam tahapan pembangunan, salah satunya yaitu rumah milik Jumaati warga Desa Murtajih Kecamatan Padenawu ini. Dia berharap pelaksanaannya akan berjalan aman dan lancar dan dapat membantu meringankan beban masyarakat miskin.
“Semoga saja semuanya akan berjalan aman dan lancar dan bisa membantu meringankan beban dan kebutuhan warga miskin. Program ini merupakan komitmen Pemkab Pamekasan  untuk membantu meringankan beban masyarakat miskin untuk mendapatkan atau memiliki rumah yang layak huni. Program ini rutin digelar tiap tahun,” katanya.
Selain program RTLH, kata Muharram, instansi yang dipimpinnya juga memiliki program lain yang terkait dengan bantuan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat yang kurang mampu. Program program tersebut akan dilaksanakan secara bergantian, dan itu semua merupakan bagian dari kepedulian  pemerintah daerah kepada masyarakat yang kurang mampu.
Sementara itu Kepala Desa Murtajih Endang Suciati mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Pamekasan Badrut Tamam dan Wakilnya, Raja’e, juga Kepada Kepala Dinas terkait atas kepeduliannya memperhatikan kebutuhan warga miskin di desanya, diantaranya pembangunan perbaikan rumah RTLH tersebut.
”Warga kami yang mendapatkan bantuan program RTLH ini diantaranya Jumaati ini. Dia janda tua tidak mampu dan tidak punya pekerjaan. Bantuan ini sangat berarti baginya. Kami ucapkan terima kasih Kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati  dan Kepala dinas terkait,” katanya.
Camat Pamekasan Rakhmat Kurniadi Suroso MSi juga mengaku masyarakat benar benar merasakan manfaat besar program  RTLH tersebut. Dia bilang di wilayah yang dipimpinnya jumlah penerima mencapai 130 orang. Mereka tersebar di Desa Laden, Kelurahan Kangenan, Kelurahan Bugih, Kelurahan Gladak Anyar, Desa Teja Temur, Desa Jalmak dan Kelurahan Partaker.
Sejumlah warga penerima pogram RTLH ini mengaku sangat senang dan juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan serta kepada dinas terkait. Bahkan salah seorang dari penerima itu memohon jika ada program lagi tahun depan dia meminta agar juga dibantu untuk pembangunan kamar mandi dan WC. (mas)