Tanpa Cawali Surabaya, PDIP Umumkan Lima Calon dalam Pilkada Serentak 2020

Penyerahan rekomendasi lima pasangan calon bupati dan wakil bupati di Jatim yang direkomendasi oleh DPP PDI Perjuangan.

SURABAYA (global-news.co.id) –
DPP PDI Perjuangan resmi mengumumkan lima pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Timur pada 9 Desember 2020.
“Hari ini tahap III dari DPP mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah.dan Jatim ada lima kabupaten,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi di DPD PDIP Jatim, Selasa (11/8/2020).
Lima pasangan calon bupati dan wakil bupati yang direkomendasi oleh DPP PDI Perjuangan yakni Setiajit-Armaya Mangkunegara untuk Kabupaten Tuban, Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah untuk Kabupaten Gresik dan Ipuk Fiestiandani-Sugirah untuk Kabupaten Banyuwangi. Kemudian, pasangan Sugiri Sancoko-Lisdyarita untuk Kabupaten Ponorogo serta Kartika Hidayati-Sa’im untuk Kabupaten Lamongan.
Keputusan itu dibacakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam pengumuman tahap ketiga 75 pasangan calon kepala daerah Pilkada Serentak 2020 secara virtual di Jakarta, Selasa (11/8/2020).
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto ikut menyaksikan langsung pembacaan nama-nama pasangan calon tersebut. Lima pasangan calon bupati asal Jatim mengikuti pengumuman tersebut melalui dua layar lebar yang dipasang di Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim di Surabaya.
Sejatinya, saat pengumuman rekomendasi, seluruh pasangan calon diundang ke Jakarta, namun akibat pandemi COVID-19 akhirnya diserahkan ke masing-masing DPD atau di tingkat provinsi.
Kusnadi yang juga Ketua DPRD Jatim tersebut berpesan kepada pasangan calon maupun pengurus di tingkat DPC untuk mengamankan hasil rekomendasi dan berupaya memenangkan Pilkada di Jatim.
“Pesan  Ibu Ketua Umum saat memberikan pengarahan tadi, semua harus segera turun ke lapangan dan berkonsolidasi dengan harapan memenangkan kontestasi Pilkada tahun ini,” tuturnya.
Seperti diketahui dari 19 Pilkada di Jatim, partai politik pemenang Pemilu 2019 secara nasional tersebut sudah mengumumkan 14 kabupaten/kota pada tahap pertama dan kedua.
Sebelumnya partai berlambang banteng moncong putih tersebut sudah mengumumkan tiga pasangan pada tahap pertama, yaitu Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko (Kabupaten Ngawi), Sanusi-Didik Gatot Subroto (Kabupaten Malang) dan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah (Kabupaten Sumenep).
Berikutnya, pada tahap kedua pengumuman adalah pasangan M Nur Arifin-Syah Natanegara (Kabupaten Trenggalek), Raharto Teno-M Hasjim Ashari (Kota Pasuruan), Hanindhito Pramono-Dewi Maria Ulfa (Kabupaten Kediri), Rijanto-Marhaenis (Kabupaten Blitar), Santoso-Tjutjuk Sunaryo (Kota Blitar) dan Pungkasiadi-Titik Masudah (Kabupaten Mojokerto).
Lima kabupaten/kota yang belum diumumkan adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember serta Kabupaten Pacitan. cty