Sepi Penerbangan, Bandara Kertajati Jadi Lapangan Parkir

Sejak 16 April 2020, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, hanya mencatat sekali penerbangan sampai hari ini.

JAKARTA (global-news.co.id) – Tekanan terhadap maskapai akibat pandemi COVID-19 berdampak pada operasional bandara. Sejak 16 April 2020, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, hanya mencatat sekali penerbangan sampai hari ini.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Salahudin Rafi menyebut, satu-satunya penerbangan dari Kertajati yang berlangsung dalam periode sekitar empat bulan ini adalah penerbangan sewa khusus. “Ada 1 charter flight Sriwijaya, Kertajati-Samarinda,” ujar Salahudin Rafi, Rabu (12/8/2020).

Selebihnya, tak ada jadwal penerbangan di bandara tersebut. Dia mengaku, tak adanya jadwal penerbangan ini karena maskapai masih belum bersedia terbang di Kertajati.

“Selama ini masih di Soetta, beberapa bandara saja yang buka. Bukan hanya Kertajati saja yang tidak operasi, masih banyak bandara yang belum operasi. Jadi airline kelihatannya juga melihat jalur yang gemuk dulu untuk menyehatkan cash flow,” ujarnya.

Kendati begitu, dia menegaskan bahwa sejumlah airline yang memiliki rute di Kertajati, tidak akan mencabut rutenya. “Airline airline komitmen nggak akan meninggalkan Kertajati, tetapi melihat penumpangnya ini melakukan dulu di bandara yang penumpangnya mulai bergerak terbang kembali,” bebernya.

Di sisi lain, seiring sepinya penerbangan, Bandara Kertajati justru ramai melayani jasa parkir pesawat. Terdapat peningkatan sebesar 30% jika dibandingkan dengan periode sebelum adanya pandemi COVID-19.

Dari kapasitas parkir yang dimiliki Kertajati, utilitasnya mencapai 60% terpakai. Kendati begitu, secara harian dia menyebut bahwa pergerakan jumlah pesawat parkir bergerak dinamis. “Dia nggak parkir kayak mobil berapa hari gitu. Dua masuk tapi nanti balik lagi ke GMF, nanti masuk lagi. Jadi bergantian. Kalau kapasitasnya sih 12 parkir stand ya. Kalau sama yang tidak stand jadi 22. Kita punya kapasitas 22 pesawat, wide body dan narrow body,” katanya. ejocnb